5 Pendekatan Manajemen Kualitas yang Perlu Diketahui!
Siker.id | 21 Jul 2022 12:00


Bagikan ke
Pendekatan manajemen kualitas (siker)

siker.id – Tahukah kamu apa itu manajemen kualitas? Manajemen kualitas (manajemen mutu) ialah manajemen yang lebih berfokus pada pelanggan yaitu dengan cara melibatkan seluruh level tingkat karyawan dalam mengerjakan peningkatan ataupun perbaikan secara berkelanjutan.

Pada manajemen kualitas atau manajemen mutu ini, seluruh karyawan yang ada pada perusahaan tersebut harus turut serta aktif dalam melakukan peningkatan proses, produk, layanan serta budaya yang terdapat pada mereka bekerja.

Alhasil, nantinya akan menghasilkan manajemen kualitas terbaik dalam layanan ataupun produk demi mencapai suatu kepuasan para pelanggan. Perusahaan juga memakai KPI (Key Performance Indikator) sebagai alat untuk mengukur setiap kinerja karyawannya.

Nah, di bawah ini ada beberapa pendekatan manajemen kualitas yang perlu kalian ketahui. Yuk, simak ya!

Baca Juga: Ketahui 5 Kualitas Yang Harus Dimiliki Pimpinan

User-Based Approach

Pendekatan ini melihat pada pemikiran bahwa kualitas bergantung pada konsumen yang melihat. Kemudian produk tersebut apakah memberikan kepuasan kepada preferensi seorang konsumen atau cocok dengan selera fitness for used yang merupakan produk yang berkualitas tinggi.

Manufacturing-Based Approach

Pendekatan ini bersifat supply-based atau berasal dari sudut pandang produsen yang mendefinisikan bahwa kualitas sesuatu yang bersesuaian dengan syarat “conformance quality” dan prosedur.

Pada jenis pendekatan kualitas ini lebih berfokus kepada kesesuaian spesifikasi yang telah ditentukan perusahaan dengan cara internal. Maka dalam ketentuan kualitas adalah standar-standar yang sudah ditentukan oleh sebuah perusahaan dan bukan konsumen yang menggunakannya.

Value-Based Approach

Pendekatan ini sering dilihat dari segi nilai dan harga, kualitas didefinisikan sebagai affordable ascellence.

Maka dari itu, kualitas dalam pandangan ini sifatnya relatif sehingga jenis produk yang memiliki kualitas tertinggi tentu belum termaksud suatu produk yang bernilai. Sebab produk yang paling bernilai ialah produk yang paling tepat di beli.

Baca Juga: 3 Cara Memperbaiki Kualitas Tidur yang Berantakan

Product-Based Approach

Maksud dari pendekatan ini adalah sebuah karakteristik atau atribut yang mampu diukur. Perbedaan kualitas menunjukkan terdapatnya perbedaan atribut yang ada pada produk secara objektif, namun pendekatan ini tidak bisa menjelaskan perbedaan dalam selera dan preferensi individual.

Transcendental Approach

Pendekatan transcendental ini menjelaskan bahwasannya kualitas merupakan sesuatu yang dapat dan mampu dirasakan, tetapi sulit didefinisikan dan dioperasionalkan ataupun diukur.

Nah itu tadi, 5 Pendekatan Manajemen Kualitas yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Bidang Peningkatan Kualitas Karyawan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
Pencarian