3 Tips Dalam Menghadapi Klien Bisnis Baru
Siker.id | 15 Jun 2022 10:00


Bagikan ke
Hadapi klien baru (siker)

siker.id - Klien bisa dibilang memegang peran penting dalam semua bisnis, tak terkecuali mereka yang baru. Penting untuk mengetahui bagaimana cara menghadapi klien baru supaya mereka tetap nyaman berbisnis dengan kita. Tidak bisa dipungkiri, memiliki banyak klien ternyata bisa membantu bisnis lebih berkembang pesat dari waktu ke waktu. Namun, tak bisa dihindari bahwa setiap klien baru yang kamu hadapi terkadang tidak semuanya nyaman dengan perlakuanmu. Nah berikut ini tips buat menghadapi klien baru.

Baca juga: 3 Manfaat Punya Bisnis Sampingan

Dengarkan Klien dengan Serius

Jangan sampai kamu terlihat tidak memperhatikan klien dengan serius saat ia sedang mempresentasikan sesuatu kepadamu. Terkadang klien hanya perlu didengarkan dengan saksama atas apa yang ia bicarakan. Oleh karena itu, saat mereka memaparkan presentasi mengenai sesuatu proyek atau masalah, kamu bisa mendengarnya dengan baik. Dengan begitu, kamu bisa memberikan ide yang bagus bagi klien untuk mewujudkan impiannya dan tentu saja impian dari bisnismu.

Posisikan Dirimu Sebaik Mungkin

Cara lain untuk menghadapi klien baru adalah dengan memposisikan diri sebaik mungkin. Setiap klien butuh solusi yang tepat terhadap segala masalah yang sedang dihadapi. Dengan begitu, posisikan dirimu sebagai pendengar serta penasihat yang baik bagi klienmu. Jika mereka butuh inovasi dan ide kreatif, berikan saran-saran terbaikmu supaya dapat membantu mereka dengan maksimal.

Baca juga: 3 Pertimbangan Sebelum Menjalankan Bisnis Keluarga

Bangun Hubungan Kerja Sama

Klien bukanlah sekadar orang lewat yang butuh jasa darimu. Lebih dari itu, ada beberapa klien yang berpotensi untuk bisa diajak kerja sama dengan perusahaanmu. Kamu perlu fokus membangun hubungan manusiawi dengan klien. Cara untuk menghadapi klien baru yang satu ini patut kamu lakukan dengan baik. Semakin kuat hubungan tersebut, semakin besar kemungkinan klien kembali dan memberitahukan bisnismu kepada rekan-rekannya. Oleh karenanya, bangun hubungan yang baik serta ajak untuk kerja sama jika mereka memiliki potensi yang bagus.

Sekian artikel tentang tips menghadapi klien bisnis baru. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Bahaya Micromanagement bagi Perkembangan Bisnis


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar