3 Cara agar Tim Kerja Memiliki Tujuan Sama
Siker.id | 04 May 2022 17:30


Bagikan ke
Cara tim memiliki tujuan sama (siker)

siker.id - Dalam dunia kerja yang selalu berubah dan kompleks, dinamika tim tim bisa berubah. Tim yang sebelumnya bekerja sama denganmu secara erat bisa mendadak berubah menjadi terpecah bela melalui berbagai pengalaman kerja dan tekanan yang menyertai. Jika menginginkan timmu bisa bekerja sama dengan tujuan yang sama, maka perlu adanya strategi untuk melakukannya. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya!

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Orang Ingin Bekerja Di BUMN

Kenali tim kerjamu kembali

Jika kamu tidak mengenal orang di balik jabatan tersebut, kamu tidak akan pernah sepenuhnya memahami mereka. Kamu mungkin mengira bahwa dirimu mengenal anggota tim sebelum pandemi, tetapi semuanya telah berubah dalam dua tahun terakhir. Oleh karenanya, kamu harus mengenal mereka kembali. Siapa mereka, jabatan, lingkup pekerjaan, dan sikap mereka harus kamu ketahui lebih dalam. Selain itu, kamu juga harus tahu kontribusi yang diberikan setiap orang terhadap bisnis atau proyek yang sedang kamu lakukan sehingga kamu dapat memahami dan tahu.

Tanyakan kepada tim bagaimana cara terbaik bekerja sama

Pekerjaan jarak jauh, masa sibuk, dan segala hal pekerjaan sepertinya timmu sudah mengetahui seluk beluk operasi sehari-hari yang lebih baik daripada dirimu. Mereka hidup dan menghirupnya setiap hari. Mereka tahu apa yang berhasil dan mereka tahu apa yang menyebabkan penyumbatan. Daripada kamu mendiktekan kepada mereka tentang apa yang menurutmu merupakan pendekatan terbaik, mintalah mereka untuk menyarankan jalan ke depan dan biarkan mereka memilikinya.

Baca juga: Ini 5 Keuntungan Bekerja Sebagai PPPK

Terbuka dan bagikan pikiran atau ide yang kamu punya

Sebuah tim pada umumnya terdiri dari orang-orang yang cukup kompeten untuk dapat melakukan dan memenuhi tujuan peran dalam masing-masing bidang keahlian. Namun, beberapa mungkin menyukai sedikit lebih banyak alasan di balik arah yang diambil tim. Di sinilah kamu dapat membagikan visimu atau menekankan visi tim. Jelaskan juga bagaimana mereka memainkan peran masing-masing dalam gambaran yang lebih besar dari sistem organisasi. Kamu mungkin dapat melihat sedikit lebih jauh ke depan, jadi berikan pandangan itu kepada tim sehingga mereka dapat terhubung dan memahami maksudmu.

Sekian artikel tentang cara agar tim memiliki tujuan sama. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Manfaat Bekerja Sebagai Food Blogger


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar