4 Etika Komunikasi yang Perlu Diperhatikan saat Bekerja
Siker.id | 18 Feb 2022 13:30


Bagikan ke
Etika komunikasi yang perlu diperhatikan saat bekerja. (siker)

siker.id - Etika komunikasi di tempat kerja yang tepat memiliki banyak manfaat. Contoh perilaku etis di tempat kerja meliputi; menaati peraturan perusahaan, komunikasi yang efektif, tanggung jawab, akuntabilitas, profesionalisme, kepercayaan dan saling menghormati rekan kerja Anda di tempat kerja.

Contoh etika komunikasi ini memastikan hasil produktivitas maksimum di tempat kerja dan bisa menjadi sangat penting untuk pertumbuhan karir. Berikut ini beberapa etika komunikasi yang perlu diperhatikan dalam bekerja:

Baca juga: 3 Penyebab Kamu Dianggap Tidak Kompeten dalam Bekerja

Mengembangkan Hubungan Profesional

Hubungan profesional yang baik tidak hanya menumbuhkan kerja tim di antara karyawan, tetapi juga membantu pengembangan karir individu karyawan.

Mengembangkan hubungan profesional dengan rekan kerja juga akan secara langsung atau tidak langsung meningkatkan produktivitas.

Profesionalisme

Ada standar profesional yang dilakukan karyawan di tempat kerja. Penggunaan kata-kata informal di tempat kerja formal sangat tidak profesional.

Standar ini harus dijunjung tinggi dan diterapkan pada setiap bagian dari aktivitas karyawan di tempat kerja. Ini harus mencakup cara mereka berbicara, jenis pekerjaan yang mereka berikan dan hubungan mereka dengan rekan kerja dan pelanggan.

Baca juga: Suka Duka Bekerja di Freeport

Menghormati Rekan Kerja

Tidak masalah apakah Anda berurusan dengan karyawan magang, junior, petugas kebersihan, ataupun lainnya. Mereka semua harus diperlakukan dengan hormat. Sebagai seorang manajer, memperlakukan anggota tim Anda dengan hormat akan membantu meningkatkan produktivitas.

Memberikan kritik yang membangun dan mengucapkan kata-kata baik kepada mereka bahkan ketika mereka tidak dapat menyampaikan dengan sempurna akan membantu mereka berusaha untuk berbuat lebih baik di masa depan.

Bertanggung Jawab

Penting bagi karyawan untuk selalu bertanggung jawab atas keputusan yang dibuat baik secara individu maupun dalam tim. Faktanya, ini adalah sifat kepemimpinan yang harus ditunjukkan oleh setiap karyawan.

Dapat dimengerti, karyawan mungkin ingin menyelamatkan pekerjaan mereka dan karena itu takut mengambil tanggung jawab. Namun, mereka tidak boleh membiarkan rasa takut ini membawa mereka keluar dari flow kerja.

Sekian artikel tentang etika komunikasi yang perlu diperhatikan dalam bekerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 3 Alasan Pentingnya Bekerja dengan Tulus


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar