Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Mengatasi Rasa Malas Saat Bekerja
Siker.id | 12 Dec 2021 13:30


Bagikan ke
Pentingnya mengatasi rasa malas saat bekerja biar produktif. (siker)

siker.id - Semua orang terkadang pasti memiliki rasa malas dan jenuh dalam dirinya, tidak ada seorangpun yang mampu untuk menghindari rasa malas yang bisa datang kapan saja. Meskipun Anda termasuk orang yang rajin dan aktif, pasti suatu saat Anda juga akan mengalami perasaan malas dan jenuh dalam bekerja. Ketika rasa malas bekerja mulai muncul, Anda harus bisa melawan dan mengusir perasaan malas itu dari pikiran dan diri Anda. Berikut ini tips menghilangkan rasa malas saat bekerja yang bisa Anda terapkan!

Baca juga: 4 Faktor Utama Penyebab Malas Bekerja, Selengkapnya

1. Fokus Pada Pemicu Malas

Langkah pertama dalam cara menghilangkan rasa malas yang berlebihan yaitu dengan mengidentifikasi sumber masalah. Tentu ada banyak isu yang memicu rasa malas keluar, bisa jadi karena kurang motivasi, tertekan, lelah, bosan, burnout dan lainnya. Dengan mengetahui penyebab utama rasa malas, solusi akan didapat.

2. Ubah Lingkungan

Aktivitas konstan yang dilakukan terus menerus pasti membuat bosan, siapapun itu. Sayangnya, rasa bosan ini kemudian berubah menjadi malas jika terus dibiarkan. Satu solusi cerdas sebagai cara mengatasi rasa malas bekerja yaitu dengan mengubah lingkungan. Contoh paling sederhana yaitu dengan mengubah tata letak meja kerja atau desain ruangan. Meski terbilang sederhana, tapi cukup ampuh mengusir rasa malah.

3. Jangan Pernah Menunda

Ini adalah sebuah hal yang sederhana tapi kerap diabaikan. Kebiasaan buruk yang memicu rasa malas adalah sering menunda-nunda menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Sekali saja Anda menunda, maka ini justru akan menambah besar rasa malas di diri Anda. Semakin ditunda akan semakin memperbesar rasa malas karena beban pekerjaan semakin besar. Karena itu segera lakukan apa yang menjadi pekerjaan Anda saat itu juga. Jangan dibiarkan berlarut dan terus menumpuk. Dengan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, Anda akan terbebas dari beban yang menumpuk.

Baca juga: Kebiasaan Malas Bekerja Sering Mengganggu? Atasi dengan ini

4. Ukur Kemampuan Diri Sendiri

Hanya Anda yang tahu persis kemampuan Anda yang sebenarnya. Coba amati butuh berapa lama kamu harus menyelesaikan satu penugasan. Apakah butuh 4 jam? Atau lebih dari 5 jam? Ukur dan pasang target waktu penyelesaian dari pekerjaan tersebut. Selanjutnya, evaluasi apakah Anda bisa menyelesaikannya tepat waktu atau justru lebih cepat dari tenggat? Dengan mengetahui kemampuan diri sendiri secara tidak langsung Anda sudah berupaya untuk menghilangkan rasa malas.

5. Buatlah Daftar To Do List

Buat daftar kegiatan Anda, hal apa yang harus didahulukan dan hal apa yang bisa dilakukan belakangan. Dengan membuat rencana kegiatan, ini akan membantu Anda menghilangkan rasa malas. Karena Anda dituntut untuk menjalankan apa yang sudah Anda rencanakan sebelumnya. Jika tidak melakukan salah satu dari daftar rencana kegiatan yang Anda buat, bukan mustahil semua kegiatan kamu bisa berantakan. Lakukanlah seperti apa yang sudah direncanakan dan Anda pun bisa terhindar dari rasa malas.

Sekian artikel tentang tips mengatasi rasa malas saat bekerja. Bila menyukai artikel ini Anda bisa bagikan ke semua orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini cara Agar Kuat Bekerja di Bawah Tekanan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar