Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ini Dia 6 Jenis Pekerjaan yang Ada di Industri Perfilman
Siker.id | 30 Aug 2023 08:00


Bagikan ke
Ilustrasi perfilman (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Industri perfilman merupakan salah satu industri yang banyak diminati di dalam dunia hiburan. Di balik layar setiap film yang kita nikmati, ada ribuan individu yang berusaha untuk menciptakan karya yang menghibur, menginspirasi, dan menggerakkan perasaan penonton. Berikut adalah berbagai jenis pekerjaan yang ada di industri perfilman:

Baca juga: Ini Dia 6 Jenis Pekerjaan yang Ada di Industri Pariwisata

1. Sutradara (Director)

Sutradara adalah otak di balik terciptanya sebuah film. Mereka memiliki tujuan artistik dan bertanggung jawab atas mengarahkan seluruh proses produksi, dari pemilihan pemain hingga pengaturan adegan. Sutradara juga bekerja sama dengan berbagai departemen untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.

2. Produser (Producer)

Produser adalah individu atau tim yang bertanggung jawab atas pendanaan, perencanaan, dan pengawasan produksi film. Mereka harus mengelola anggaran, menjalin kemitraan, dan memastikan proyek berjalan lancar.

3. Penulis Naskah (Screenwriter)

Penulis naskah menciptakan cerita yang akan dijadikan film. Mereka bertanggung jawab untuk mengembangkan karakter, dialog, dan alur cerita yang menjadi dasar bagi seluruh proses produksi film.

4. Pemeran (Actor/Actress)

Aktor atau aktris adalah wajah-wajah yang muncul di depan kamera. Mereka bertanggung jawab untuk membawa karakter dan berperan sesuai dengan arahan sutradara dan scenario untuk menciptakan sebuah film.

5. Sinematografer (Cinematographer)

Sinematografer adalah orang di balik kamera yang bertanggung jawab atas pengambilan gambar. Mereka mengatur pencahayaan, pengaturan kamera, dan sudut pandang untuk menciptakan visual yang sesuai dengan visi sutradara.

6. Editor Film (Film Editor)

Editor film mengambil rekaman yang diambil oleh sinematografer dan menggabungkannya untuk menjadi film yang layak ditonton. Mereka bertanggung jawab untuk memilih klip terbaik, mengedit urutan adegan, dan memastikan aliran cerita yang lancar dan bisa dinikmati.

Baca juga: Ini Dia 6 Jenis Pekerjaan yang Ada di Industri Kreatif

7. Desainer Produksi (Production Designer)

Desainer produksi bertanggung jawab atas estetika keseluruhan film, termasuk set, kostum, dan dekorasi. Mereka bertanggung jawab untuk bekerja sama dengan sutradara untuk mencapai penampilan visual yang diinginkan dalam sebuah proyek.

8. Penyunting Suara (Sound Editor)

Penyunting suara merancang dan menyunting elemen audio dalam film, termasuk dialog, efek suara, dan musik. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan kualitas audio yang optimal.

9. Komposer Musik (Composer)

Komposer music bertanggung jawab untuk menciptakan musik orisinal untuk film. Musik adalah elemen penting dalam menciptakan suasana dan emosi dalam sebuah film.

10. Pemeran Pengganti (Stuntman/woman)

Pemeran pengganti umumnya bertanggung jawab untuk membuat aksi-aksi berbahaya dalam film. Mereka bertanggung jawab memastikan keamanan dan visual dalam setiap adegan aksi.

11. Pemasaran dan Distribusi (Marketing and Distribution)

Tim pemasaran dan distribusi bekerja untuk mempromosikan film dan mengatur perilisan di berbagai platform dan media.

12. Kru Produksi (Production Crew)

Kru produksi dalam industri perfilman termasuk asisten sutradara, penata rias, juru kamera, juru suara, dan banyak peran lainnya yang mendukung produksi film.

Itu dia 12 jenis pekerjaan yang ada di industri perfilman. Meskipun daftar pekerjaan diatas tidak lengkap, beberapa pekerjaan tersebut dapat memberikan gambaran tentang betapa beragamnya pekerjaan yang ada di balik layar setiap film dan setiap peran memiliki bagian yang penting. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Tertarik Mengikuti Bootcamp? Ini Dia 6 Keuntungannya!


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar