Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Begini 4 Tips Menjadi Chef Handal!
Siker.id | 05 Oct 2022 15:03


Bagikan ke
Tips menjadi chef handal (siker)

siker.id – Apakah kamu ingin berkarir di dunia kuliner? Kamu bisa lho menjadi seorang chef. Ya, seorang chef merupakan juru masak profesional yang biasanya berperan sebagai kepala juru masak di restoran atau hotel. Nah, menjadi seorang chef tentu dibutuhkan ketermpilan yang sesuai dan memadai.

Apabila kamu tertarik menjadi seorang chef, kamu harus mengerti beberapa tips ini yang nantinya bisa kamu jadikan referensi, ya, sobat siker! Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Skill Memasak Untuk Menjadi Chef

Terjun Langsung di Restoran

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan bekerja langsung di restoran. Memasak di rumah dan restoran adalah dua hal yang sangat berbeda. Untuk itu, kamu perlu memiliki pengalaman kerja sedini mungkin, bahkan saat kamu sedang duduk di bangku sekolah atau kuliah. Hal ini merupakan salah satu cara menjadi chef yang cukup ampuh, lho.

Hal ini tentu akan memberikan gambaran konkret tentang dinamika kerja di industri restoran dan tentu menawarkan pengetahuan yang tidak ternilai. Pengalaman tidak hanya membentuk kemampuanmu, tapi juga menjadi wadah yang tepat mengembangkan koneksi yang mungkin akan membantu kariermu di masa depan.

Ambil Pendidikan Tata Boga

Cara kedua adalah dengan mengambil pendidikan tata boga. Pendidikan formal memang bukan merupakan cara menjadi chef yang wajib dilakukan. Tetapi, hal ini dapat membantumu untuk tampil lebih unggul dan kompetitif.

Melalui pendidikan kuliner di sekolah dan kampus, kamu akan mempelajari berbagai resep, bahan, teknik, dan terminologi memasak dari seluruh dunia. Selain itu, kamu pun akan mulai terbiasa dengan situasi dapur profesional dan memiliki kepercayaan diri untuk bekerja dengan berbagai peralatan dapur.

Baca Juga: 5 Strategi Ampuh Memasarkan Produk Makanan

Ambil Sertifikasi

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengambil sertifikasi. Ya, sama seperti pendidikan formal, sertifikasi memang bukan cara menjadi chef yang wajib untuk dilakukan.

Namun, jika kamu mengikuti sertifikasi, setidaknya karir chefmu akan berjalan dengan sedikit lebih mudah. Sertifikasi yang sesuai dengan spesialisasi kamu akan menambah daya kompetitif dibandingkan dengan chef lain.

Tingkatkan Kemampuan

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah tetap meningkatkan kemampuanmu. Pendidikan kuliner dan pengalaman kerja yang sesuai dapat mengantarkanmu menjadi seorang chef tetapi tidak menjamin kesuksesanmu dalam jangka panjang.

Maka dari itu, kamu harus tetap belajar dan tingkatkan kemampuan dalam menguasai berbagai teknik memasak, meramu resep, dan yang tidak kalah penting adalah kemampuan manajemen.

Nah, itu tadi 4 Tips Menjadi Chef Handal yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut Tips Memulai Bisnis Kuliner Buat Pemula


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

TAG :

Komentar