icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Strategi Ampuh Memasarkan Produk Makanan
Siker.id | 06 May 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Bisnis kuliner sekarang ini sudah sangat meningkat sekali semenjak adanya pandemi di tahun 2020. Sepertinya bisnis kuliner terlihat mudah, karena basic kita yang tentunya bisa memasak walaupun hanya sekedar memasak mie maupun telor goreng. Tetapi untuk pemasaran produk makanan bisa dibilang cukup memerlukan usaha, selain harus kreatif kita juga harus punya trik dan strategi khusus untuk menarik para konsumen.

Nah, dibawah ini ada beberapa strategi yang bisa kamu terapkan saat menjalankan bisnis kuliner.

Baca juga : Ketahui 5 Strategi Ini Buat Karyawan Jujur

1. Buat Kemasan Yang Menarik

Tak bisa dipungkiri bahwa kemasan menjadi citra pertama yang akan dilihat konsumen. Jadi, semakin unik kemasan yang kamu gunakan, maka konsumen pun akan semakin tertarik untuk membeli. Selain menggugah selera, kemasan juga harus dibuat dari material yang aman atau food grade.

 

Apalagi, saat ini konsumen cenderung kritis saat menilai produk makanan jadi. Maka dari itu, ada baiknya memilih bahan baku kemasan yang ramah lingkungan yang telah terbukti tidak mengkontaminasi bahan makanan yang dikemas di dalamnya.

2. Promosi Secara Online

Makanan jadi juga lebih mudah dipromosikan secara online. Misalnya, saat kamu menjual produk snack atau kue kering, kamu bisa menyajikan berbagai foto produk makanan di berbagai platform online seperti website, social media atau marketplace digital.

Visual yang menarik akan menggugah selera konsumen untuk membeli produk yang kamu sajikan. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan iklan berbayar dari Instagram dan Facebook untuk memperluas target konsumen. Jika memungkinkan, kamu juga bisa menciptakan penawaran menarik, diskon, gratis ongkos kirim dan sebagainya untuk menarik konsumen.

3. Tampilkan Ciri Khas Produk

Memiliki ciri khas dalam setiap bisnis adalah keharusan agar produk yang kamu jual tampil beda dengan produk kompetitor. Ciri khas akan menjadi citra positif yang dapat merebut perhatian konsumen.

Tidak ada salahnya membuat nama produk yang terkesan nyeleneh agar lebih mudah diingat konsumen. Ciri khas semacam ini tentu akan menciptakan nilai tersendiri pada produk kamu.

Baca juga : 3 Strategi Sosial Media Marketing dalam Menghadapi Krisis

4. Manfaatkan Jasa Pengiriman atau Pesan Antar

 

Layanan pesan antar memang sedang diminati belakangan ini. Dengan layanan ini, konsumen tak perlu repot-repot datang ke toko hanya untuk mendapatkan produk yang kamu jual.

Apalagi, menerapkan layanan pesan antar tidaklah serumit yang dibayangkan. Kamu bisa bekerjasama dengan layanan ojek online yang menyediakan fitur pembelian makanan. Karena menjual makanan jadi, kamu juga bisa memanfaatkan jasa pengiriman untuk menjangkau konsumen yang lebih jauh.

Agar lebih menarik, kamu bisa mempertimbangkan untuk memberikan diskon khusus atau gratis ongkos kirim kepada konsumen yang loyal berlangganan produk yang kamu jual.

5. Menggelar Give Away

Salah satu trik promosi yang sedang booming adalah menggelar giveaway. Biasanya, giveaway yang diberikan berupa gratis produk, diskon atau hadiah lainnya yang menarik.

Saat menggelar giveaway, kamu bisa menentukan syarat tertentu yang juga menguntungkan untuk produk kamu, misalnya dengan menyebut (mention) produk yang kamu jual di akun Instagram peserta, atau mem-follow akun bisnis yang kamu buat khusus untuk produk yang kamu jual.

Cara ini terbilang efektif meningkatkan popularitas produk, karena para pemenangnya secara otomatis akan memberikan testimoni tentang produk yang kamu jual.

Itulah dia beberapa strategi memasarkan produk makanan yang ampuh, semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang menjalani atau bahkan baru akan memulai bisnis kuliner. Jika ada kritik dan saran bisa dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Kelebihan dari Strategi Pemasaran Endorse

 

Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar