Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Menata Ulang Tempat Kerja Agar Produktif
Siker.id | 22 Nov 2021 14:00


Bagikan ke
Penataan ruang kerja yang tepat akan membuat kita bersemangat kerja dan semakin lebih produktif. (siker)

siker.id - Menata ruang kerja kantor terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja. Hal ini karena sepertiga waktu para karyawan adalah di kantor sehingga sangat penting berada dalam ruangan yang nyaman agar bisa bekerja lebih maksimal. Memiliki ruang kerja yang nyaman adalah idaman setiap karyawan. Kenyamanan ruang kerja memang sangat penting karena sebagian besar waktu para karyawan dihabiskan di sini. Semakin ideal suasana yang tercipta di ruang kerja, produktivitas karyawan pun bisa semakin tinggi. Jika Anda bingung bagaimana cara menata ruang kerja kantor, berikut beberapa cara menata ruang kerja agar membuat Anda nyaman bekerja.

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas Karyawan dengan Tips Ini

1. Gunakan Furnitur Multifungsi

Untuk ukuran kantor yang sempit, memilih furnitur multifungsi atau serba guna bisa dijadikan sebagai solusi. Contohnya jika membeli sebuah meja, pilihlah meja yang memiliki ruang penyimpanan khusus. Selain itu, sesuaikan ukuran serta dimensi dari perabotan kantor. Ukur ketersediaan ruang yang ada, pilih furnitur sesuai ukuran tersebut.

2. Penempatan Jendela yang Sesuai

Cara menata ruang kantor berikutnya adalah dengan menjaga kesederhanaan. Caranya, Anda bisa menggunakan konsep ruang kerja minimalis-modern yang terlihat sangat rapi sekaligus kekinian. Selain itu, pastikan ruang kantor tersebut memiliki jendela ke luar. Dengan begitu, pencahayaan serta sirkulasi di dalam ruangan menjadi lebih sehat. Bentuk jendela yang digunakan pun perlu diperhatikan, serta disesuaikan dengan ukuran kantor tersebut. Jika ruangan relatif kecil, pilihlah frame jendela berukuran sedang. Jangan terlalu besar karena menghabiskan ruang kosong pada dinding.

3. Tempatkan Layar Komputer Setinggi Mata

Salah satu hal yang seringkali membuat leher sakit adalah posisi komputer yang lebih rendah dari posisi mata ketika Anda duduk. Akibatnya, sepanjang hari Anda terus-menerus melihat komputer dengan menunduk. Cobalah untuk meninggikan tempat laptop sampai layar sejajar dengan mata Anda. Layar laptop atau komputer juga sebaiknya diatur agar sedikit miring ke belakang sekitar 10-15 derajat, sehingga mata Anda tidak terlalu lelah untuk menatap layar laptop.

Baca juga: Tips Motivasi Diri Sendiri, Biar Makin Aktif dan Produktif

4. Tambahkan Tanaman Hidup

Jika Anda bekerja dalam ruangan tertutup, cobalah tambahkan tanaman hidup sebagai hiasan di meja Anda. Tidak perlu yang besar-besar dan rumit merawatnya, cobalah sukulen, kaktus, atau bambu Cina untuk diletakkan di ujung meja. Tumbuhan seperti sukulen dan kaktus memang memiliki berbagai jenis spesies dan warna yang menarik, sehingga dapat mencerahkan meja kerja Anda. Tumbuhan yang ada di meja juga dapat memberikan energi positif bagi orang yang memandangnya.

5. Sesuaikan dengan Budaya Perusahaan

Sangat penting untuk mendesain ruang kantor sesuai dengan budaya perusahaan. Misalnya, apakah biasanya interaksi yang terjadi di antara sesama karyawan bersifat informal atau sebaliknya? Hal itu pula yang perlu diterapkan ketika sedang menyusun ruang kantor. Pastikan ada sudut khusus yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut.

6. Tata Sesuai Tujuan

Pernahkah Anda berpikir bahwa baik secara langsung maupun tidak langsung, ruang kantor mampu memengaruhi karakter penghuninya. Hal ini tidak mustahil terjadi mengingat karyawan menghabiskan waktu cukup lama di tempat yang sama. Karena itu, sangat penting memastikan cara penataan ruang kantor benar-benar ditangani dengan maksimal. Salah satu contohnya, jika menginginkan para karyawan dapat lebih terbuka dan mengembangkan ide-idenya, ciptakan desain ruang kantor yang unik atau out of the box.

7. Cat Dinding Minimalis

Cara menata ruang kantor selanjutnya adalah menggunakan cat dinding minimalis. Kantor berkonsep minimalis biasanya menggunakan warna-warna dinding yang natural, seperti putih, krem, coklat, beige, abu dan sebagainya. Warna cat dinding minimalis pada ruang kantor yang sempit akan memberikan kesan luas dan lapang pada ruangan. Selain itu warna-warna semacam ini mampu mempercerah tampilan ruangan, serta meningkatkan mood seseorang dalam bekerja.

8. Tidak Menggunakan Sekat

Cara menata ruang kantor terakhir adalah dengan menerapkan open space atau kantor tanpa sekat. Dewasa ini, sudah banyak kantor di Jakarta dan kota besar lainnya menggunakan konsep tersebut. Bahkan kantor tanpa sekat sudah semakin marak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia, Konsep tanpa sekat ini bisa dimanfaatkan pada ruang kantor yang sempit, agar terlihat lebih luas serta meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Selain itu, ruangan kerja open space pun sangat cocok untuk tempat kerja milenial yang dinamis dan tidak terlalu dengan sistem kerja konvensional.

Sekian artikel tentang bagaimana cara menata tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Menghadapi Rasa Bosan saat Bekerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar