4 Cara Meningkatkan Skill Memasak Untuk Menjadi Chef
Siker.id | 10 May 2022 11:30


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Chef merupakan salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Melihat perkembangan zaman, sudah banyak sekali industri kuliner berkembang dan maju sekarang ini. Salah satu kemampuan yang dibutuhkan chef adalah skill memasak. Berkarir sebagai chef juga bisa membuka usaha kuliner sendiri tanpa memiliki sertifikasi atau pendidikan formal tata boga.

Nah, di bawah ini jika ingin meningkatkan skill memasak untuk menjadi chef tanpa menempuh pendidikan formal.

Baca juga : 4 Skill dalam Teamwork yang Perlu Dikuasai

1. Sering mencoba berbagai resep masakan

Dunia internet dan media sosial seolah menjadi “perpustakaan digital” yang menyediakan banyak sekali referensi resep untuk mengasah hobi memasak. Cobalah untuk menantang diri sendiri dengan menetapkan target tertentu.

Misalnya seminggu sekali berkreasi dengan resep yang ada di konten di Youtube, Tiktok, Instagram, atau platform resep lainnya. Supaya kreativitas dan sense of taste semakin tajam, kita juga bisa memikirkan cara untuk meningkatkan rasa hidangan tersebut dengan melakukan inovasi penyajian, bumbu, teknik memasak, dan sebagainya. 

2. Mengikuti kursus memasak

Saat ini, banyak tersedia kursus dan pelatihan memasak yang bisa dimanfaatkan. Biasanya, kursus atau pelatihan ini bahkan telah dirancang dengan lebih spesifik, misalnya untuk belajar membuat pastry, dessert, makanan tradisional, dan sebagainya. Sehingga, kita bisa memilih topik spesifik yang sesuai dengan minat atau kemampuan.

Baca juga : Ini Skill Wajib Dimiliki Jika Ingin Menjadi Pegawai Bank

3. Bereksperimen dengan resep baru

Salah satu karakter dari seorang chef hebat adalah bisa mengolah bahan-bahan makanan apapun menjadi hidangan yang enak. Untuk menjadi seorang chef, tidak cukup hanya dengan bisa memasak saja, melainkan juga harus bisa berkreasi membuat resep-resep baru yang inovatif.

Asahlah skill ini dengan bereksperimen dengan bahan-bahan makanan yang ada di rumah dan latih kreativitas untuk menciptakan resep baru. Kemudian, jangan lupa untuk meminta pendapat dari anggota keluarga yang lain, supaya kamu bisa mengevaluasi hasilnya.

4. Belajar teori dan teknik memasak profesional

Salah satu hal yang membedakan chef dari pendidikan formal adalah pengetahuan teori yang mereka miliki. Sebagai profesi yang universal, chef harus memahami kamus terminologi memasak yang sering diucapkan di dapur.

Misalnya, untuk teknik memotong, ada banyak sekali istilah dengan makna yang berbeda-beda, mulai dari julienne cut (iris tipis-tipis), small dice (dipotong dadu dengan ukuran 6mm), hingga batonnet (dipotong memanjang berupa stik dengan ketebalan 6mm). Begitu juga dengan memahami sifat dari setiap bahan dan bumbu, serta apa yang akan terjadi ketika mereka diolah secara bersamaan.

Itulah dia beberapa cara meningkatkan skill memasak untuk menjadi chef, perlu diperhatikan juga untuk siapa yang akan menikmati masakan kamu dan bagaiamana selera mereka. Sekian artikel ini menjelaskan, semoga membantu. Jika ada kritik dan saran silahkan ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Skill Wajib yang Harus Dikuasai Purchasing Staff


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar