3 Jenis Teknik Pemasaran Direct Marketing
Siker.id | 07 Apr 2022 18:30


Bagikan ke
Jenis teknik pemasaran direct marketing. (siker)

siker.id - Setiap produk yang siap dipasarkan pastinya memerlukan teknik pemasaran yang tepat agar nantinya bisa tepat pada target market yang dituju. Salah satu teknik pemasaran yang sampai sekarang sering digunakan kebanyakan perusahaan adalah direct marketing. Jika dilihat dari sisi bahasa, arti direct marketing adalah pemasaran langsung. Dari sini dapat diambil penjelasan bahwa pengertian direct marketing adalah strategi marketing yang dilakukan secara langsung dari sisi perusahaan atau penyedia produk ke konsumen tanpa adanya pihak ketiga. Sejatinya Teknik pemasaran direct marketing ini memiliki beberapa jenis yang sering digunakan banyak kalangan, dan berikut ini ulasannya!

Baca juga: Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing

Katalog dan brosur

Jenis direct marketing yang kedua ini merupakan strategi lama yang ternyata masih banyak disukai oleh masyarakat. Katalog dan brosur menjadi media pemasaran yang digunakan sejak dahulu untuk mengenalkan adanya produk baru atau memberikan informasi mengenai layanan yang tersedia pada perusahaan tersebut. Misalnya, pada bank konvensional yang meletakkan lembaran brosur di meja teller untuk menjelaskan layanan yang dimilikinya sekaligus bisa dibawa oleh nasabah yang berkunjung. Selain hanya diletakkan pada meja kasir, kamu bisa membagikan brosur pada saat ada event yang relevan dengan bisnismu.

Direct mail

Jika sebelumnya email marketing bisa saja dibagikan ke semua user, pada direct mail, surel yang dibagikan berbentuk seperti email pribadi dari 1 orang ke target user. Metode ini dirasa lebih heart to heart sehingga terlihat lebih personal. Sehingga konsumen atau calon pelanggan yang mendapatkan hal tersebut merasa lebih diperhatikan oleh perusahaan. Tidak ada salahnya untuk mencoba metode ini pada bisnis kamu dan lihat bagaimana reaksi user yang menerima direct mail dari kamu.

Baca juga: Berikut Skill yang Wajib Dipelajari Digital Marketing

Pemasaran kios

Pemasaran kios merupakan salah satu contoh direct marketing yang dilakukan secara langsung dengan mendatangi kios-kios yang kamu targetkan. Harapannya, dengan mendatangi kios tersebut dan menawarkan produk yang kamu miliki, kamu langsung bisa melihat ketertarikan pemilik kios untuk menjual barang tersebut di tokonya. Meskipun sedikit lebih membutuhkan upaya karena harus mendatangi kios tersebut, namun kamu bisa mendapatkan jawaban dan calon konsumen dalam waktu cepat.

Sekian artikel tentang beberapa jenis teknik pemasaran direct marketing. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Trend Digital Marketing 2022


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar