icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ini Dia 3 Manfaat KOL Management untuk Marketing
Siker.id | 22 Sep 2022 17:03


Bagikan ke
Manfaat KOL management untuk marketing (siker)

siker.id – Digital marketing kini telah berkembang pesat dan banyak digunakan para marketer. Salah satu strategi yang digunakan adalah KOL Management. Apa itu KOL Management?

KOL merupakan singkatan dari key opinion leader. KOL ini biasanya sangat dipercaya pendapatnya oleh para pengikut mereka karena dianggap sebagai ahli dalam suatu bidang tertentu.

Peran mereka sangat besar karena bisa membantu para pemilik brand untuk mempromosikan merek dan produk maupun layanan yang hendak ditawarkan.

Biasanya, bisnis atau perusahaan akan memilih KOL, selebriti, atau influencer yang menarik dan kemudian melakukan kerja sama dengan merek mereka untuk mempromosikan atau memasarkan merek bisnis tersebut.

Lalu, apa saja manfaat dari KOL Management untuk pemasaran? Berikut penjelasannya!

Baca Juga: 4 Jenis Referral Marketing untuk Diketahui!

Mengetahui Jumlah Followers KOL

Ini merupakan salah satu manfaat dari KOL. Bila membahas KOL, followers bukanlah prioritas yang harus didahulukan. Tetapi, jumlah followers tetap mempengaruhi peningkatan brand awareness.

Intinya, semakin banyak followers yang dimiliki KOL semakin gampang perusahaan untuk mengestimasi seberapa banyak konsumen yang akan melihat pesan yang disampaikan.

KOL management juga jitu dalam mengantisipasi ghost account atau akun kosong yang menjadi pengikut media sosial seorang KOL.

Baca Juga: 3 Proses Penerapan Integrated Marketing Communication

Mengoptimalkan Brand Awareness

Manfaat selanjutnya adalah dapat mengoptimalkan brand awareness. Manajemen KOL yang tepat dapat membantu meningkatkan brand awareness merek bisnis.

Ini kemudian dapat membantu membuat brand lebih dikenal oleh masyarakat luas dan menghasilkan peningkatan kesadaran merek yang melampaui tujuan bisnis.

Mengenal Audiens KOL

Manfaat ketiga adalah dapat mengenal audiens KOL. Menurut Inhandsagency, poin penting pada manajemen KOL adalah perusahaan diberikan kemudahan dalam meneliti audiens seorang KOL.

Dengan memiliki pengetahuan mengenai audiens KOL, perusahaan dapat memilah lagi KOL yang terbaik untuk mempromosikan brand mereka.

Nah, itu tadi 3 Manfaat KOL Management untuk Marketing yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Patut Dicoba! 5 Psikologi Marketing untuk Bisnismu!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar