4 Jenis Referral Marketing untuk Diketahui!
Siker.id | 19 Sep 2022 17:25


Bagikan ke
Jenis referral marketing (siker)

siker.id – Dalam dunia pemasaran terdapat berbagai metode untuk memasarkan produk. Nah, salah satu metode pemasaran yang banyak digunakan adalah referral marketing. Apa itu referral marketing?

Referral marketing merupakan suatu metode pemasaran yang dilakukan oleh konsumen atau konsumen merekomendasikan sebuah produk. Dengan kata lain, metode ini mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan baru melalui sebuah rujukan yang biasanya disampaikan dari mulut ke mulut.

Lalu, apa saja jenis referral marketing ini? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Patut Dicoba! 5 Psikologi Marketing untuk Bisnismu!

Milestone Reward

Jenis pertama adalah milestone reward. Milestone reward adalah jenis referral marketing dengan target pencapaian tertentu. Sistem ini mendorong referrer untuk membagikan rekomendasi secara berkala agar mampu mencapai level aktivitas tertentu dan mendapatkan hadiah.

Leaderboard Reward

Jenis selanjutnya adalah leaderboard reward. Leaderboard reward ini menawarkan reward dengan berbasis peringkat. Jadi, referrer akan melakukan aktivitas referral tertentu dan mendapatkan poin yang terakumulasi, lalu dihitung menjadi sebuah ranking.

Dengan begitu, akan ada beberapa hadiah untuk rangking yang berbeda sesuai dengan banyaknya referred yang berhasil didapatkan.

Baca Juga: 3 Proses Penerapan Integrated Marketing Communication

One Way Incentives

Jenis ketiga adalah one way incentives. Ini adalah sebuah sistem dengan memberikan reward untuk setiap aktivitas promosi produk yang dilakukan. Reward ini bisa diberikan kepada pemberi maupun penerima referral.

Two Way Incentives

Jenis terakhir adalah two way incentives. Ini merupakan sebuah sistem di mana akan memberikan reward bagi referrer dan referred sekaligus. Jadi, sederhana bisa sangat menguntungkan untuk kedua belah pihak.

Nah, itu tadi 4 Jenis Referral Marketing yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pahami 7 Jenis Guerilla Marketing Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar