Inilah 6 Manfaat Magang bagi Para Mahasiswa
Siker.id | 01 Sep 2022 14:12


Bagikan ke
Manfaat Magang bagi Para Mahasiswa (siker)

siker.id – Ketika kamu akan memasukki dunia kerja yang sesungguhnya, kamu perlu mempersiapkan diri dari awal, ya! Selagi kamu masih mahasiswa, ada baiknya kamu mencoba magang di perusahaan, instansi, atau lembaga tertentu yang sesuai dengan jurusanmu. Pasalnya, bekerja dengan berkuliah itu berbeda, lho. Mengapa? Karena di dunia kerja kamu akan menemui hal-hal baru dan mungkin asing bagi kamu, misalnya mengenai bagaimana kamu berkomunikasi baik dengan atasan maupun bawahan atau perihal bagaimana melakukan negosiasi yang baik, dan lain sebagainya.

Dengan magang, kamu akan mendaptkan pengalaman yang sangat berharga untuk modal nantinya ketika kamu akan memasuki dunia kerja. Nah, di bawah ini ada beberapa manfaat yang bisa kamu pahami saat kamu memilih untuk melakukan magang. Simak, ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tips Khusus saat Memulai Magang Kerja

Menambah Pengalaman Kerja pada CV

Manfaat pertama yang bisa kamu peroleh dari magang adalah menambah pengalaman kerja pada CV. Tahukah kamu bahwa CV atau resume kamu itu sangat berharga dalam dunia kerja?

Nah, pengalaman magangmu ini bisa juga kamu masukkan dalam daftar CV mu, lho. Hal ini perlu dilakukan karena pengalaman tersebut bisa menjadi bahan acuan penilaian bagi pewawancara yang akan mewawancaraimu saat kamu melamar pekerjaan.

Menambah Relasi

Manfaat kedua dari adanya magang ialah berpeluang untuk menambah relasi. Bertemu dengan banyak rekan kerja di perusahaan tempat kamu magang membuat kamu bisa mulai membangun networking sebaik mungkin agar nantinya menjadi channel di kemudian hari.

Apabila kamu kebetulan mendapat kesempatan untuk mengikuti suatu acara atau berhubungan langsung dengan perusahaan lain saat magang, hal ini bisa kamu manfaatkan dengan baik untuk menambah jaringan kamu di luar rekan kerja tempatmu magang.

Mengasah Keterampilan Diri

Manfaat ketiga yakni, mengasah keterampilan diri. Selama magang, kamu akan belajar banyak mengenai dirimu sendiri, termasuk keterampilan serta kelebihan dan kelemahanmu.

Dikutip dari Fremont College, ketika magang pasti kamu akan mendapatkan feedback dari rekan kerja atau atasan terkait performamu. Dari situ, kamu akan belajar mengasah keterampilan serta mengevaluasi diri secara mandiri.

Baca Juga: Perhatikan 3 Persiapan Magang Ini Ya!

Kesempatan dalam Mengeksplorasi Karir

Manfaat selanjutnya adalah kesempatan untuk mengeksplorasi karir. Ya, magang dapat memperkenalkanmu pada tugas sehari-hari sebuah profesi tanpa komitmen yang kuat terhadap jalur karier tersebut.

Hal ini dapat membantumu memutuskan apakah profesi yang diambil selama magang sesuai dengan kepribadian dan skill yang kamu miliki.

Menambah Kemampuan Bersosialisasi

Manfaat magang yang tak kalah pentingnya adalah kamu mau tidak mau akan belajar bersosialisasi dengan orang-orang profesional. Hal ini penting mengingat pergaulan antara teman-teman kuliahmu dengan rekan-rekan di tempat kerja tentu sangatlah berbeda.

Di dunia kerja, seakrab apapun kamu dengan teman di kantor, ada batasan profesionalisme yang harus dijaga. Untuk itu, kamu akan mendapat pengalaman berharga selama kamu magang.

Memperoleh Penghasilan Tambahan

Manfaat selanjutnya ialah memperoleh penghasilan tambahan. Dengan mengikuti magang berbayar, sudah pasti kamu bukan hanya akan mendapat pengalaman secara profesional tetapi juga menghasilkan uang sebagai penghasilan tambahanmu.

Memang upah atau gaji yang kamu dapatkan bisa saja tidak sebesar yang kamu harapkan. Namun, upah tersebut bisa menjadi tambahan uang sakumu, bukan?

Nah, itu tadi 6 Manfaat Magang bagi Para Mahasiswa yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Hal yang Didapatkan Jika Ikut Magang dari Awal


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar