3 Tips Khusus saat Memulai Magang Kerja
Siker.id | 23 Jun 2022 20:30


Bagikan ke
Tips memulai magang (siker)

siker.id - Ada alasan khusus mengapa program magang muncul dan menjadi salah satu komponen penilaian di institusi pendidikan, seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) maupun jenjang perkuliahan. Selain melatih para pelajar terbiasa menghadapi dunia kerja, tentunya magang juga berguna untuk meneruskan proses pembelajaran yang sewaktu masa pendidikan masih terbatas pada lingkup tertentu. Itulah kenapa, kamu gak boleh main-main dalam mempersiapkan diri untuk magang nantinya. Agar kegiatan magangmu berjalan lancar, berikut hal yang perlu kamu terapkan saat magang di perusahaan nanti!

Baca juga: 3 Hal yang Didapatkan Jika Ikut Magang dari Awal

Jangan sok tahu

Hal kedua ini penting untuk dipahami agar kamu terhindar dari kesalahan yang mungkin saja bakal menambah beban kerja para pegawai di sana. Selain itu, bisa saja kamu harus menanggung kerugian tertentu, meskipun kamu berdalih bahwa kamu tidak tahu apa-apa ataupun gak sengaja melakukannya. Maka dari itu, untuk amannya, lebih baik bertanya jika memang ada hal yang tidak kamu mengerti.

Bangun hubungan baik dengan rekan kerja di sana

Tidak hanya bertanya seputar job-desc saja, kamu juga perlu membangun hubungan yang baik dengan para karyawan di perusahaan tempat kamu magang nanti. Alasannya adalah karena ada banyak dampak positif yang bisa kamu dapatkan dari melakukan hal tersebut. Contohnya, bila sewaktu-waktu ada masalah yang kamu perbuat di perusahaan, maka para rekan kerja di sana gak bakal tinggal diam saja. Akan tetapi, berupaya membantumu untuk menjelaskan kronologi permasalahannya pada atasan. Karena bila atasan hanya mendengar dari sudut pandangmu, bisa saja ia akan merasa kurang percaya ataupun langsung menganggapmu tidak becus.

Baca juga: 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan di Tempat Magang

Cobalah berinisiatif

Jika memang ada job yang tersedia dan kamu merasa mampu untuk mengerjakannya, maka kerjakan saja. Gak perlu selalu menunggu arahan dari orang lain, karena para rekan kerja di sana pun tentu punya kesibukannya masing-masing. Barangkali juga mereka gak nyaman untuk terus memberikan instruksi ataupun perintah kepadamu. Itulah kenapa kamu perlu punya sikap inisiatif. Karena bakal rugi nantinya kalau selama magang, kamu cuma plonga-plongo saja akibat gak ada yang menyuruh.

Sekian artikel tentang tips saat memulai magang kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritk dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Manfaat Utama Program Magang buat Perusahaan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar