Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Manfaat Magang bagi Mahasiswa
Siker.id | 20 Jan 2022 13:00


Bagikan ke
Manfaat magang bagi mahasiswa. (siker)

siker.id - Kegiatan Magang adalah salah satu kegiatan yang perlu dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa. Biasanya, kegiatan ini memang diatur oleh kampus sebagai bagian dari persyaratan kelulusan, sehingga mereka yang mengambil bagian dalam magang sudah bisa mendapatkan gelar atau memenuhi syarat untuk lulus. Banyak banget manfaat kegiatan magang ini, Maka dari itu, sayang banget kalau Anda tidak memanfaatkan masa-masa magang dengan baik. Apalagi, program magang memiliki banyak manfaat yang bisa berguna buat Anda nantinya. Berikut manfaat magang bagi mahasiswa!

Baca juga: 5 Manfaat Magang Bagi Perusahaan

Mempraktekan apa yang didapatkan di perkuliahan

Orang bijak pernah mengatakan, “orang berilmu bukan orang yang sekolah tinggi, tapi yang tau cara menyelesaikan berbagai persoalan menggunakan ilmunya”. Dengan mengikuti program magang, ilmu-ilmu yang Anda dapatkan di perkuliahan akan bisa langsung kamu praktekan untuk mengatasi permasalahan nyata.

Belajar bersosialisasi

Ini dia manfaat magang yang selanjutnya. Bergaul bersama teman-teman saat kuliah dengan rekan-rekan di tempat kerja sangatlah berbeda. Di dunia kerja, seakrab apapun Anda dengan teman di kantor, ada batasan profesionalisme yang harus dijaga. Contohnya, Anda memiliki teman akrab yang berbeda departemen, tetapi saat memeriksa hasil pekerjaan mereka, Anda tetap harus bisa bersikap objektif dan tidak begitu saja menerima suatu laporan hanya karena kalian dekat secara personal.

Eksplor berbagai karier/pekerjaan

Bingung pilih pekerjaan adalah salah satu masalah lulusan perguruan tinggi sekarang. Kebingungan itu disebabkan karena kurangnya pengalaman di dunia kerja secara langsung. Dengan mengikuti magang, Anda bisa memikirkan dan merefleksikan apakah pekerjaan yang Anda lakukan ketika magang memang bidang yang Anda minati atau tidak. Pengalaman tersebut akan sangat berguna bagi keputusan karier Anda selanjutnya.

Baca juga: Berapa Besaran Gaji Pegawai Magang?

Membaca karakter orang lain

Salah satu manfaat magang yang perlu Anda tahu adalah bisa membantumu mempelajari karakter orang lain di kantor. Dengan begitu, Anda jadi bisa tahu bagaimana cara menyampaikan informasi dengan efektif dan meminimalisir kesalahpahaman. Hal ini sangat berguna bukan hanya selama menjalani masa magang, tapi juga untuk bekal Anda di kemudian hari.

Menambah pengalaman kerja pada resume

Tahukah Anda bahwa resume atau CV Anda sangat berharga dalam dunia kerja? Pengalaman magangmu bisa juga Anda masukkan dalam daftar resume loh. Hal ini perlu dilakukan karena pengalaman tersebut bisa menjadi bahan acuan penilaian bagi pewawancara yang akan mewawancaraimu saat kamu melamar pekerjaan. Apalagi jika Anda mendapat predikat yang memuaskan dalam magang tersebut, tentu Anda akan mendapat penilaian lebih dan berpeluang besar untuk diterima di perusahaan yang ingin dimasuki.

Sekian artikel tentang manfaat magang bagi mahasiswa. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Magang


Editor: Theo Adi -

     

Komentar