Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Hal yang Harus Dihindari Anak Magang
Siker.id | 25 Jan 2022 11:00


Bagikan ke
Hal yang harus dihindari anak magang. (siker)

siker.id - Untuk para mahasiswa yang ingin lulus, sebagian besar kampus mewajibkan praktik kerja lapangan atau yang kerap disebut magang. Magang ini tujuannya untuk mengenal dunia kerja dan mempraktikkan teori yang didapat saat kuliah. Sebagai anak magang yang masih bau bawang, diperlukan disiplin dan tanggungjawab layaknya sedang menyandang predikat karyawan. Anak magang akan menghabiskan banyak waktu di tempat kerja, mereka dituntut bersikap profesional. Ada kewajiban yang harus dikerjakan serta pantangan yang perlu dihindari. Ini beberapa hal yang perlu dihindari anak magang.

Baca juga: Berikut Manfaat Magang bagi Mahasiswa

Malu bertanya dan tidak mengungkapkan ide

Status sebagai anak magang biasanya menjadi penyebab seorang mahasiswa menjadi malu untuk bertanya atau mengungkapkan pendapatnya. Sebenarnya sah-sah saja apabila kamu ingin menanyakan hal yang belum kamu pahami asalkan kamu sudah berusaha mencari jawaban terlebih dahulu. Ibaratnya, jangan datang dengan pikiran kosong dan tidak tahu apa-apa. Usahakan untuk belajar sedikit mengenai seluk beluk lokasi magang, pekerjaan yang harus kamu lakukan, serta hal-hal lain yang masih berkaitan. Hindarilah sikap pasif dan malu bertanya. Setiap mahasiswa magang bisa mengungkapkan idenya.

Meremehkan pekerjaan kecil

Tugas anak magang memang sangat beragam. Selain harus mengerjakan program kerja dari proposal yang telah dibuat sebelumnya, biasanya masih ada tugas tambahan yang perlu kamu selesaikan. Bisa jadi tugas tersebut adalah tugas ringan seperti memfotokopi dokumen, menyampaikan surat, melakukan pencatatan, dan sebagainya, namun bisa juga tugas yang kamu dapatkan cukup berat. Sayangnya, banyak mahasiswa magang yang meremehkan tugas ringan dan cenderung tidak mengerjakannya.

Datang terlambat ke lokasi magang

Meskipun magang adalah kegiatan tambahan di luar kuliah, namun kamu tidak boleh seenaknya. Berusahalah untuk datang 10 menit lebih awal. Semakin kamu disiplin, semakin kamu akan mendapatkan penilaian baik dari atasan. Apabila kamu datang terlambat, jangan sungkan untuk meminta maaf pada atasan dan mengemukakan alasannya. Satu hal yang perlu kamu ketahui, jangan pernah berbohong karena reputasimu akan menjadi jelek.

Baca juga: 5 Manfaat Magang Bagi Perusahaan

Kurang menjaga attitude

Sebagai anak magang, usahakan tetap menjaga attitude atau perilaku baik dengan senior maupun rekan kerja lain. Perhatikan hal kecil seperti misalnya mengirim email dengan cara profesional. Hindari hal yang menunjukkan tidak profesional seperti bersikap terlalu santai, bermain media sosial, tidak mengembalikan dokumen atau barang di tempat seharusnya, atau kurang bersosialisasi dengan yang lain.

Melewatkan kesempatan menyerap ilmu

Durasi menjadi anak magang tergolong singkat, maka sudah seharusnya anak magang mampu memanfaatkan waktu untuk belajar di tempat kerja. Jangan sampai ketika belum diberi tugas lalu diam saja menunggu tugas datang. Tanamkan terus jiwa pembelajar dan kembangkan rasa ingin tahu yang tinggi. Berikut tadi beberapa hal yang perlu dihindari anak magang, nikmati waktu magang dan serap ilmu sebanyak mungkin.

Sekian artikel tentang hal yang harus dihindari anak magang. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Berapa Besaran Gaji Pegawai Magang?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar