Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Tips Agar Bisa Diterima Magang
Siker.id | 25 Nov 2021 18:40


Bagikan ke
Beberapa tips sukses diterima magang sudah banyak dan bisa Anda praktekkan. (siker)

siker.id - Seperti pekerjaan tetap, melamar ke sebuah program magang juga bisa menjadi suatu hal yang menantang. Tak sedikit pekerjaan yang selektif dan memiliki standar tinggi saat merekrut tenaga magang. Terlebih lagi kini tak hanya pelajar atau mahasiswa yang mencari program magang, tapi juga mereka yang sudah lulus kuliah. Dengan semakin sengitnya persaingan, bagaimana cara tepat agar diterima magang? Ini lima tips jitu supaya Anda sukses diterima di program magang impian!

Baca juga: Kenapa Perusahaan Wajib Daftarkan Karyawan di BPJamsostek?

1. Ikuti Petunjuk Informasi Lowongan

Tips pertama yang paling penting supaya diterima magang adalah mengikuti petunjuk yang ada di informasi lowongan. Perusahaan biasanya memberikan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pelamar magang. Dari situ Anda bisa membaca terlebih dahulu dengan saksama, lalu pahami dengan cermat. Pasalnya, jika tidak mengikuti petunjuk, kemungkinan besar startup tidak akan menerima lamaranmu.

2. Persiapkan CV dengan Matang

CV menjadi senjata utama kamu dalam melamar magang. Usahakan untuk membuatnya terlihat lebih rapi dan menarik agar memberikan kesan pertama yang bagus. Agar tidak membuat CV penuh, tuliskan beberapa keahlian yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Hindari untuk menulis keahlian yang tidak relevan. Lebih baik lagi jika Anda memasukkan portofolio ke dalam CV, misalnya tautan website, LinkedIn, Medium, dan lain-lain.

3. Bersikap Inisiatif Dan Aktif

Tips selanjutnya agar diterima magang adalah bersikaplah untuk selalu inisiatif dan aktif. Anda tidak boleh hanya berdiam diri menunggu hingga perusahaan impian membuka program magang. Anda bisa mulai untuk menanyakan terlebih dulu ke pihak perusahaan terkait pelaksanaan program magang melalui telepon, email atau media sosial yang mereka miliki.

Baca juga: Mengapa Sering Terjadi Konflik Kerja di Perusahaan?

4. Manfaatkan Teknologi

Sebagai generasi yang hidup di zaman serba digital, Anda harus memanfaatkan perkembangan teknologi dengan sebaik-baiknya. Saat ini, banyak platform digital yang menyediakan informasi lowongan magang dan pekerjaan, seperti LinkedIn, Kalibrr, Studentjob, Kormo Jobs, dan lainnya. Anda bisa mengoptimalkan platform-platform tersebut untuk mengetahui lowongan dan menaruh lamaran pada banyak perusahaan.

5. Kenal Orang Dalam

Yang dimaksud di sini bukan dalam artian negatif. Bila Anda tertarik untuk magang di perusahaan tertentu, bisa dimulai lewat menjalin pertemanan dengan salah satu karyawannya. Selain bisa mendapatkan informasi soal pekerjaan, Anda bisa direkomendasikan oleh teman untuk magang di perusahaan tersebut.

6. Tunjukkan Tiga Keahlian Ini

Pertama, mudah beradaptasi. Perekrut akan tertarik bila Anda terlihat tidak kaku dan mudah menerima masukan dari atasan. Kedua, tunjukkan Anda berminat terhadap program magang tersebut. Ketiga, memiliki pengetahuan luas. Jika Anda melamar di kantor berita, tunjukkan kalau mengikuti perkembangan isu baik nasional maupun internasional.

7. Mau Mendengarkan

Fokus mendengarkan membuat Anda mudah dalam menyesuaikan diri, bekerja sama dengan orang lain, bekerja dengan cerdas, hingga mengasah kemampuan komunikasi. Keterampilan mendengarkan adalah cara paling ampuh untuk memposisikan diri. Tak hanya itu, dengan mendengarkan, Anda menunjukkan empati, perhatian, serta menciptakan kredibilitas dalam sebuah wawancara singkat.

Sekian artikel tentang syarat diterima magang. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Cara Membuat Perusahaan Lebih Produktif


Editor: Theo Adi -

     

Komentar