Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Manfaat Magang Bagi Perusahaan
Siker.id | 19 Jan 2022 20:15


Bagikan ke
Manfaat magang bagi perusahaan. (siker)

siker.id - Program magang, menjadi salah satu syarat wajib mahasiswa untuk lulus kuliah. Biasanya jika sudah tiba waktunya, banyak mahasiswa yang mencari program magang dari perusahaan-perusahaan ternama. Selain untuk mendapatkan gelar sarjana, tujuan magang dari mahasiswa juga untuk mengasah kemampuan dan keterampilan. Tidak sedikit dari mereka yang memiliki kemampuan, diangkat menjadi karyawan di perusahaan tempat magang. Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, tidak jarang juga perusahaan memilih fresh graduate yang memiliki pengalaman magang bagus. Itulah salah satu tujuan magang bagi perusahaan.

Baca juga: Berikut Ini Tips Agar Bisa Diterima Magang

Mendapat Ide-ide Baru

Dengan adanya program magang atau internship, perusahaan memberikan kesempatan pada generasi muda yang akan memberikan suatu ide baru untuk mengembangkan perusahaan, untuk mendapatkan ide-ide baru dibutuhkan pendekatan kepada masyarakat yang mengetahui apa yang sedang menjadi trend saat ini, sedangkan untuk para senior yang telah lama diperusahaan akan sulit mengikuti perkembangan zaman yang ada.

Menghemat Pengeluaran Perusahaan

Terkadang mahasiswa dianggap belum berpengalaman, tetapi bukan berarti mahasiswa tidak bisa melakukan pekerjaan yang akan menguntungkan perusahaan, saat melakukan program magang perusahaan mendapat peluang untuk menyeleksi karyawan magang agar mendapatkan kandidat sebaik mungkin untuk selanjutnya dijadikan karyawan tetap. Dan dalam program magang karyawan magang akan digaji jauh berbeda dengan karyawan biasa yang ada diperusahaan.

Mendapatkan Masa Percobaan Gratis

Setiap perusahaan pastinya melakukan masa percobaan terhadap karyawan baru yang telah direkrut, biasanya masa percobaan ini dilakukan dalam 3 sampai 6 bulan. Dengan adanya program magang perusahaan dapat menjadikan program magang ini menjadi percobaan kepada karyawan magang, jadi jika karyawan magang ini dapat mengerjakan tanggung jawabnya dengan baik dan handal, perusahaan dapat mempertimbangkan karyawan magang tersebut untuk menjadi bagian perusahaan dengan menawarkan posisi part time atau full time saat karyawan magang telah selesai menyelesaikan studi.

Baca juga: Apa Manfaat dari Kegiatan Magang Perusahaan?

Sudut Pandang Baru

Tujuan magang bagi perusahaan berikutnya adalah untuk mendapatkan sudut pandang baru. Hal ini dikarenakan karyawan magang merupakan orang luar yang belum tahu banyak mengenai perusahaan Anda. Oleh karena itu, hal ini diperlukan oleh perusahaan untuk perkembangan selanjutnya. Karyawan magang dan karyawan perusahaan bisa saling bertukar pikiran untuk kepentingan perkembangan perusahaan.

Meningkatkan Citra Perusahaan

Citra perusahaan tidak akan didapatkan secara langsung dengan program magang. Untuk dapat meningkatkan citra perusahaan, perusahaan haruslah memberikan kesan-kesan yang baik pada karyawan magang. Nantinya setelah program magang sudah berakhir, para mahasiswa magang tersebut akan menceritakan pengalamannya kepada teman-teman lainnya atau menuliskan review di situs perusahaan.

Sekian artikel tentang manfaat magang bagi perusahaan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Kegiatan Magang Penting Bagi Mahasiswa, Selengkapnya


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar