Tips MEDDIC Dapat Mendongkrak Penjualan
Siker.id | 07 Mar 2022 18:15


Bagikan ke
Meddic bisa mendongkrak penjualan. (siker)

siker.id - Secara sederhana, MEDDIC adalah proses kualifikasi penjualan yang bisa memandumu mendapatkan deal. Mengapa harus menggunakan proses ini? Menurut riset yang dilakukan oleh The Bridge Group, sepertiga salesperson akan gagal memenuhi target penjualannya.

Pasalnya, proses penjualan memang tidak sederhana atau sulit untuk diwujudkan. Kamu perlu memastikan bahwa punya target penjualan yang tepat, tahu cara, dan pendekatan efektif. Jangan sampai buang-buang waktu untuk menghubungi leads tapi ujungnya tidak deal atau menghasilkan penjualan.

MEDDIC adalah metodologi untuk memahami audiens agar kamu tahu siapa yang bisa menjadi lead berkualitas. Kalau kamu sudah tahu siapa yang harus disasar dan dengan cara seperti apa, makin besar kesempatanmu untuk melakukan penjualan?dengan sukses.

Pendekatan ini akan menentukan apakah kamu harus memberikan usaha ekstra untuk memasukkan customer tertentu ke dalam sales funnel-mu. Salesperson yang menggunakan MEDDIC berpendapat bahwa melakukan pitching pada calon customer yang memenuhi kualifikasi bisa menghasilkan lebih banyak penjualan.

Berikut ini beberapa komponen meddic :

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Peternakan Ayam

Metrics

Ketahui dulu apa yang dibutuhkan customer dari solusi yang mau kamu tawarkan. Kebutuhan ini harus bisa diukur dengan angka. Misalnya, mereka mau waktu yang dibutuhkan bagi produk mereka untuk sampai ke pasar jadi dua kali lebih cepat, atau mau menghemat biaya produksi hingga 20%. Metrics atau nilai-nilai inilah yang akan menjadi gerbang masuk solusi ekonomis yang kamu tawarkan.

Jika sudah tahu metrics apa yang penting bagi calon pelangganmu, kamu bisa membuktikan bagaimana solusimu bisa memberikan return of investment (ROI) yang baik.

Economic buyer

Anggaplah kamu sedang memprospek sebuah perusahaan. Cari tahu siapa yang punya kuasa untuk mengambil keputusan dan mengizinkan pembelanjaan. Dalam banyak kasus, kamu harus bicara dengan orang yang posisinya cukup tinggi di perusahaan. Belum tentu orang yang kamu miliki kontaknya saat ini memegang posisi atau kuasa tersebut. Inilah mengapa MEDDIC adalah strategi yang ampuh agar usahamu berjualan selalu tepat sasaran.

Baca juga: Berikut Pengertian dan Manfaat Etika Bisnis

Decision criteria

Pahami juga kriteria apa yang dimiliki perusahaan untuk mengambil keputusan. Hal ini supaya kamu punya keunggulan dibanding kompetitor yang juga sedang menawarkan produk atau jasanya. Kriteria setiap perusahaan pastinya berbeda. Namun, umumnya ada kemudahan penggunaan, biaya paling hemat, dan ROI potensial yang menjadi faktor penentu. Jadi kalau kamu sudah memenuhi berbagai kriteria ini, tak ada lagi alasan untuk tidak close deal.

Sekian artikel tentang tips meddic bisa mendongkrak penjualan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Fungsi Dasar Manajemen Bisnis


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar