3 Fungsi Harga Pokok Penjualan
Siker.id | 17 Jul 2022 16:00


Bagikan ke
Fungsi HPP (siker)

siker.id – Untuk melakukan suatu bisnis, kamu harus tahu apa itu HPP atau Harga Pokok Penjualan. Pasalnya hal tersebut sangat diperlukan dalam memperhitungkan segala kerugian dan keuntungan.

HPP adalah suatu jumlah pengeluaran dan beban yang diperkenankan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal tersebut untuk menghasilkan barang atau jasa di dalam kondisi dan tempat di mana barang itu dapat dijual atau digunakan.

Menurut kamu, apa saja fungsi dari HPP ini? Simak di bawah ini ya.

Baca Juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan

Efisiensi Produk

HPP dapat menjadi bahan pertimbangan seberapa banyak produk yang akan diproduksi perusahaan agar mendapat keuntungan sesuai target. Jika HPP terlalu besar, maka dapat disimpulkan bahwa pengeluaran untuk proses produksi terlalu besar.

Penentuan Harga Jual

Untuk perusahaan manufaktur, harga jual ini tidak bisa hanya ditentukan dari berapa besaran biaya pembelian bahan baku dan produksi. Sebab ada biaya-biaya tambahan lain yang kerap terlupakan. Dengan adanya penghitungan HPP para pengusaha dapat lebih detail menghitung setiap pengeluaran.

Sedangkan bagi perusahaan dagang, HPP membantu mereka menentukan harga jual yang realistik. Boleh mengambil keuntungan namun besarannya harus disesuaikan dengan harga awal. Kalau terlalu tinggi bisa saja konsumen enggan membeli terutama karena sudah memprediksi biaya produksi yang sebenarnya tidak setinggi harga yang kamu jual.

HPP yang baik akan menentukan posisi produk kamu dipasaran, harga yang bersaing juga tidak berpotensi merusak harga pasar sehingga persaingan antara pedagang bisa lebih sehat.

Baca Juga: 5 Skill Penting Untuk Karir Di Bidang Keuangan

Penentuan Laba atau Keuntungan

Penghitungan HPP bagi setiap perusahaan ini penting untuk menentukan seberapa sehat keuangan perusahaan. Tanpa hitung-hitungan yang detail bisa saja kamu lupa mencatat biaya pengeluaran lain yang kecil namun berarti sehingga menyebabkan dikemudian hari. Sederhananya, harga jual lebih besar dari harga pokok akan menghasilkan laba, dan sebaliknya harga jual lebih rendah dari harga pokok akan mendatangkan kerugian.

Nah itu tadi, 3 Fungsi Harga Pokok Penjualan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Ketahui 5 Istilah Ini Dalam Keuangan Bisnis

 


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar