3 Penyebab Salah dalam Memilih Jurusan Perkuliahan
Siker.id | 01 Jun 2022 12:00


Bagikan ke
Salah pilih jurusan (siker)

siker.id - Di antara persoalan yang sering dialami mahasiswa ketika kuliah adalah salah jurusan. Kalau program studi yang dipilih gak berbeda jauh dengan pilihan utama, sih, gak masalah. Yang bikin ruwet jika ternyata jurusan terpilih berisi mata kuliah yang kamu gak suka. Pastinya mengerjakan tugas jadi berkali-kali lipat lebih berat. Itu sebabnya sebelum memilih jurusan kuliah hendaknya dipertimbangkan dengan baik. Supaya gak sampai menyesal, sebaiknya kenali apa saja penyebab umum salah pilih jurusan.

Baca juga: Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal Nantinya

Ikut pilihan teman

Alasan selanjutnya kenapa kamu bisa salah memilih jurusan, adalah sebelumnya hanya ikut-ikutan teman. Teman ingin belajar program studi A, kamu pun ikutan tanpa berusaha mencari tahu dulu seperti apa program studi tersebut. Ingat kuliah gak hanya menghabiskan biaya besar, tapi juga waktu yang cukup lama. Sayang banget kalau setelah berbagai pengorbanan yang sudah orangtua dan kamu lakukan, ternyata hasil gak maksimal akibat jurusan yang terlanjur salah.

Terpengaruh komentar buruk orang lain

Ada pula alasan salah pilih jurusan akibat terpengaruh komentar buruk orang lain. Misalnya, teman merasa kalau kamu gak cocok masuk jurusan teknik sipil. Apalagi ia punya pengalaman buruk, salah satu keluarganya mengambil jurusan tersebut dan ternyata keteteran. Ingat buruk bagi orang lain belum tentu buruk pula bagimu. Kalau memang setelah usaha mencari tahu, dan kamu merasa jurusan tersebut sudah sesuai banget dengan apa yang ingin dipelajari dan kamu geluti di dunia karier nanti, maka lakukan saja. Gak perlu dengarkan masukan negatif dari sekitarmu.

Baca juga: Beberapa Jurusan Kuliah Dengan Gaji Tinggi

Salah persepsi

Kesalahan persepsi juga bisa jadi penyebab salah memilih program studi. Sebagai contoh, kamu melihat profesi dokter di film drama sepertinya menyenangkan dan keren. Akhirnya, kamu pun memilih jurusan kedokteran. Setelah diterima, ternyata dunia kedokteran tak seindah yang dibayangkan. Laporan praktikum tiap hari, buku materi yang tebalnya bukan main dan itu harus dikuasai, serta berbagai macam tantangan lain yang harus dilewati.

Sekian artikel tentang cara menemukan ide yang bagus. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Keuntungan Kuliah di Poltekip


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar