Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal Nantinya
Siker.id | 13 Apr 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Kebimbangan yang kerapa dirasakan saat akan menjadi seorang mahasiswa adalah ketika memilih jurusan kuliah dan memikirkan prospek kerjanya kedepan bagaimana, apalagi ketika kamu belum memiliki ketertarikan khusus pada salah satu bidang profesi. Baiknya kamu lakukan pertimbangan dahulu sebelum memutuskan, jangan sampai nantinya kamu menganggap salah masuk jurusan.

Dibawah ini beberapa cara untuk memilih jurusan kuliah agar kamu tidak menyesal nantinya.

Baca juga : Berikut Keuntungan Mahasiswa Memilih Freelance Guru Les

1. Kenali minat dan passion kamu

Minat dan passion merupakan bekal utama saat kamu harus menentukan jurusan kuliah. Walaupun kamu tidak tahu ingin bekerja sebagai apa, pasti dari sekian banyak bidang ada satu atau beberapa hal yang kamu sukai. Percayalah kamu akan lebih berkembang dengan memilih jurusan yang sesuai dengan minatmu, karena kamu mempunyai ketertarikan untuk mendalaminya.

2. Buat list jurusan-jurusan yang kamu minati dan lakukan riset

Jika kamu masih bingung memilih jurusan yang sesuai dengan minatmu, cobalah untuk membuat daftar beberapa jurusan yang paling mendekati. Setelah itu, kamu bisa mencoret satu per satu jurusan yang paling tidak sesuai dan tersisa jurusan yang kemungkinan akan kamu pilih. Lakukan juga riset kecil-kecilan mengenai jurusan serta universitas yang kamu inginkan agar kamu semakin mantap memilih.

3. Pertimbangkan prospek kerja di masa depan

Selain mengenal minat, kamu juga harus mempertimbangkan lagi prospek kerja ke depan dari jurusan yang akan kamu pilih. Pikirkan, apakah jurusan yang dipilih bisa memberikan keuntungan ke masa depan. Jangan lupa juga untuk memastikan jurusan yang kamu pilih sudah terakreditasi dengan baik karena hal ini akan membantumu di dunia kerja nantinya.

Baca juga : Tips Mahasiswa Baru Memilih Organisasi Kampus

4. Jangan terpengaruh teman

Jangan sampai kamu memilih jurusan kuliah yang akan menentukan masa depanmu kelak hanya karena terpengaruh teman ya. Kamu dan temanmu tentunya mempunyai minat dan bakat berbeda yang harus kalian cari tahu masing-masing. Sebaiknya renungkan masak-masak jurusan yang akan kamu pilih.

5. Berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman atau orang terdekat

Untuk menghindari kemungkinan kamu memilih karena ikut-ikutan teman, kamu bisa berkonsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman atau orang terdekatmu. Misalnya, orang tua. Orang tua tentu memiliki naluri yang kuat dan mengetahui dengan jelas seperti apa buah hatinya. Tanpa kamu sadari, terkadang orang tua lebih mengetahui diri kita dibandingkan kita sendiri. Mintalah arahan dan pendapat orang tua agar kamu semakin mantap menentukan pilihan. Jika kamu ingin berkonsultasi dengan orang yang lebih profesional, kamu bisa berbicara dengan konsultan pendidikan atau orang yang kamu anggap sukses.

6. Jangan mudah menyerah

Jika kamu sudah menentukan jurusan yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah melakukan persiapan yang maksimal dan bertempur di SBMPTN. Jika hasilnya kamu tidak diterima, jangan langsung berkecil hati dan pesimis. Masih ada jalur lain yang bisa kamu coba. Kamu bisa mencoba jalur mandiri atau mendaftar di universitas swasta. Universitas swasta juga memiliki kualitas yang tak kalah baik dengan PTN.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu memantapkan jurusan yang kamu pilih. Sekian artikel tentang cara memilih jurusan kuliah agar tidak menyesal nantinya, apabila menyukainya bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Menentukan Profesi yang Tepat


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar