Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Ampuh Portofolio Bagi Mahasiswa
Siker.id | 24 Jan 2022 11:00


Bagikan ke
Tips portofolio buat mahasiswa. (siker)

siker.id - Dalam dunia perkuliahan maupun saat Anda ingin memulai terjun di dunia kerja pasti sering mendengar istilah “portofolio”.Didalam portofolio tersebut tentunya sikers akan menginput data karena bisa dibilang dokumen ini cukup penting karena,bisa membuat Anda terlihat lebih profesional.Sebelum itu,kita perlu tau dahulu nih sikers apa sih definisi dari portofolio.Portofolio adalah salah satu dokumen yang sebaiknya dicantumkan saat Anda ingin melamar pekerjaan bahkan bisa juga saat sikers ingin bergabung di organisasi kampus misalnya divisi desain.Ketika kita ingin membuat portofolio sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa sih fungsi portofolio dan tips membuatnya.Tujuan dari portofolio sendiri adalah meningkatkan peluang seseorang diterima kerja, diterima organisasi,untuk meyakinkan seseorang agar mengetahui informasi seputar skill serta kemampuan yang Anda miliki.Tentunya,pada zaman sekarang atau sering dibilang era modern kita bisa meningkatkan skill dengan cara melihat dari pengalaman orang lain bisa juga belajar dari youtube. Berikut ini beberapa tips ampuh portofolio bagi mahasiswa:

Baca juga: 5 Tips Membuat Portofolio Kerja yang Baik

Bangunlah Personal Branding

Sekelompok orang merasa jika personal branding itu sangatlah penting dilakukan oleh seseorang.Membangun personal branding bisa dengan menampilkan hasil karya melalui portofolio.Sikers bisa nih,mengunggah portofolio kalian melalui website ataupun akun media sosial yang dapat mendukung personal branding.Misalnya nih,jika kalian memiliki hobby editing video maka hasil karya nya dari mengedit video bisa melalui software kayak adobe premier pro ataupun bisa juga melalui aplikasi seperti kinemaster,vn,capcut,filmora,dan lain sebagainya.

Tunjukkanlah Profesionalitas Anda

Saat Anda membuat portofolio paling tidak kita harus menunjukkan diri kita secara profesional dalam bidang yang telah digeluti.Portofolio anda bisa terlihat menarik sekaligus membuat terkesan lebih profesional dengan cara mengunggahnya dalam sebuah website.

Baca juga: Berikut Manfaat Magang bagi Mahasiswa

Meningkatkan Kreativitas

Sebuah portofolio dapat menunjukkan kinerja Anda dalam berbagai hal.Ternyata nih sikers,dalam menyusun portofolio bisa mengasah kreativitas yang kita miliki lho.

Mencari Relasi

Portofolio mempunyai banyak benefit yang bisa sikers rasakan.Misalnya,membuka peluang untuk membangun relasi dengan orang lain dalam bidang pekerjaan yang sama,semakin mudah mendapatkan seorang klien.

Sekian artikel tentang tips membangun portofolio buat mahasiswa. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagi Mahasiswa Kupu, Bagaimana Cara Mendapatkan Kerja?


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar