Beberapa Jurusan Kuliah Dengan Gaji Tinggi
Siker.id | 05 Apr 2022 16:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Banyak mahasiswa mengharapkan jika lulus nanti bisa mendapatkan peluang kerja yang besar serta gaji yang tinggi, tetapi nyatanya juga banyak mahasiswa yang asal memilih jurusan dan berujung membuat dirinya sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Maka dari itu, setiap calon mahasiswa harus  pintar dalam memilih dan dapat menentukan jurusan yang akan membawa pada masa depannya nanti.

Dibawah ini ada beberapa jurusan kuliah dengan gaji tinggi, bahkan ada yang sampai puluhan juta untuk para lulusannya. 

Baca juga : 3 Rekomendasi Aplikasi Kerja Terbaik Untuk Para Jobseeker

1. Kedokteran

Meskipun biaya pendidikannya cukup tinggi, namun rasanya sepadan dengan gaji yang akan didapatkan nantinya. Untuk seorang dokter umum, kamu akan meraih gaji sekitar Rp 10jt hingga Rp 12jt setiap bulannya.

Sedangkan jika kamu mengambil gelar Dokter Spesialis, kamu akan mendapatkan gaji hingga Rp 50jt hingga 100jt per bulan. Gaji tersebut tidak termasuk jika seorang dokter turut membuka praktek sendiri di tempat sendiri ya.

2. Ilmu Komputer

Ilmu komputer merupakan jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja, mengingat saat ini hampir semua hal berkaitan dengan teknologi. 

Seorang lulusan ilmu komputer bisa bekerja sebagai programmer, developer ataupun software engineer dengan gaji rata-rata sekitar Rp 5jt - 7jt perbulan untuk fresh graduate dan 10jt - 20jt untuk tingkat manager.

Pekerja IT juga terbilang mudah menaikkan jenjang karirnya, hanya bermodal sertifikasi, mereka sudah dapat dengan mudah meningkatkan jenjang karir dan mendapatkan pekerjaan baru dengan gaji diatas rata-rata.

3. Teknik Perminyakan

Jurusan teknik perminyakan bisa dikatakan salah satu jurusan yang sepi peminat dan tidak banyak kampus di Indonesia yang menyediakan program studi ini. Padahal pekerjaan di bidang teknik perminyakan merupakan salah satu pekerjaan yang akan selalu dibutuhkan.

Selain itu teknik perminyakan merupakan jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi di beberapa perusahaan di Indonesia seperti Pertamina, Chevron atau Conoco Phillips. Seorang lulusan gaji perminyakan rata-rata akan mendapatkan gaji sekitar 8jt hingga 19jt setiap bulannya.

Baca juga : 3 Alasan Jangan Memikirkan Gaji Dalam Meniti Karir

4. Teknik Nuklir

Universitas Gajah Mada (UGM) merupakan satu-satunya Universitas yang menyediakan prodi teknik nuklir S1 di Indonesia, sedangkan untuk S2 terdapat di Institut Teknologi Bandung (ITB). Jurusan ini pada dasarnya akan mempelajari fisika, matematika dan elektronika.

Pekerjaan di bidang teknik nuklir juga memiliki tanggung jawab dan resiko yang besar, tidak heran profesi di bidang ini memiliki gaji yang cukup tinggi yakni sekitar 20jt setiap bulannya.

5. Teknik Penerbangan

Di dunia penerbangan masih ada profesi lain selain pramugari dan pilot yakni teknisi pesawat. Profesi ini sama pentingnya dengan seorang pilot di dunia penerbangan. Bayangkan jika seorang teknisi pesawat melakukan pengecekan pesawat secara asal.

Karena itu, profesi di bidang ini akan mendapatkan gaji rata-rata 20jt - 25jt setiap bulannya.

6. Arsitektur

Dunia arsitektur bisa dikatakan tidak akan pernah mati selama masih ada pembangunan. Seorang arsitek diharuskan mendesain sebuah bangunan baik itu rumah ataupun gedung perkantoran. Sama seperti jurusan kedokteran, jurusan arsitektur diharuskan mengambil program profesi sekitar satu tahun.

Untuk entry level atau yang baru berpengalaman sekitar satu tahun, seorang arsitek akan mendapatkan gaji sekitar 7jt rupiah sedangkan untuk kelas manager mendapatkan gaji sekitar 15jt hingga 50jt setiap bulannya.

7. Teknik Geologi

Saat ini jurusan geologi tidak hanya mempelajari mengenai mineral, batuan, minyak dan gas bumi namun juga mempelajari konstruksi bangunan dan juga bencana alam. Prospek kerjanya pun terbilang luas. Seorang lulusan teknik geologi bisa bekerja di perusahaan swasta seperti Freeport, Exxon hingga Schlumberger ataupun lembaga pemerintahan seperti Kementerian ESDM, Kementerian Lingkungan Hidup, BUMN hingga LIPI.

Lulusan teknik geologi, bisa mendapatkan gaji sekitar 8jt hingga 25jt setiap bulannya.

8. Teknik Pertambangan

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai hal mengenai proses penambangan mulai dari minyak, gas bumi, emas, perak, aluminium, besi hingga batu bara. Kamu juga akan mempelajari eksplorasi mengenai penambangan, eksploitasi bahan tambang, pengangkutan hingga pemasaran hasil tambang.

Teknik pertambangan bisa dikatakan jurusan kuliah yang menjanjikan. Lulusan teknik pertambangan tidak hanya dapat bekerja di industri pertambangan namun juga dapat bekerja di industri semen, kontraktor/ alat berat, perbankan, hingga perusahaan pembangkit listrik dengan gaji sekitar 11jt hingga 32jt per bulan.

Sebelum kamu memilih jurusan kuliah, jangan hanya melihat dari prospek kerja yang bagus dan terpaku dari penghasilannya, tetapi harus bisa juga menyesuaikan dengan ilmu dan keahlian yang kamu miliki, sehingga kuliahmu bisa berguna dan tidak terbengkalai karena salah mengambil jurusan.

Sekian artikel tentang beberapa jurusan kuliah dengan gaji tinggi, apabila kamu menyukai artikel ini bisa dibagikan kepada kerabat, serta jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Beberapa Manfaat Slip Gaji Bagi Karyawan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar