4 Tips Agar Menjadi Public Speaker Yang Handal
Siker.id | 12 May 2022 14:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Dalam dunia kerja, selain memiliki skill sesuai bidang posisi yang kita kerjakan, salah satu keahlian yang harus kita miliki yaitu berbicara di depan umum. Sebagian orang mungkin belum bisa mengontrol dirinya agar percaya diri saat tampil presentasi menjadi public speaker dihadapan banyak orang. Nervous sekali bukan jika itu kita lakukan untuk pertama kalinya, apalagi yang di presentasikan adalah hal atau projek penting.

Nah, dibawah ini ada beberapa tips agar kamu terbiasa dan bisa handal menjadi public speaker.

Baca juga : 3 Tips Mengatasi Stres Kerja

1. Pahami materimu

Hal yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang adalah tidak menguasai materi dengan baik. Hasilnya, mereka kebingungan dalam menyampaikan pesan kepada semua orang.

Salah satu trik khusus untukmu dalam memahami materi (dilansir dari Forbes) adalah dengan membagi struktur materi ke dalam tiga bagian, yaitu awal, tengah, dan akhir. Cari bagian yang sekiranya dapat diselipkan cerita-cerita bagus atau sekadar humor.

2. Latihan

 

Lakukan latihan di hadapan cermin agar kamu juga bisa memahami gerak-gerik wajah sendiri saat sedang berbicara. Sesekali lakukan bahasa tubuh yang nyaman bagimu dan juga bagi seluruh audiens.

Selain itu, tetap simpan poin-poin apa saja yang ingin disampaikan agar tidak lupa. Latihan rutin menjadi salah satu tips yang ampuh untuk menjadi public speaker yang baik

Baca juga : 3 Tips Melatih Kecerdasan Emosional dalam Bekerja

3. Lakukan kontak mata

 

Jangan terpaku pada satu audiens saja saat berbicara. Lakukan kontak mata dengan memandang seluruh area dari audiens.

Hal ini dilakukan supaya kamu sebagai speaker terlihat menguasai audiens dengan baik.

4. Ucapkan terima kasih

 

Ketika kamu selesai berbicara audiens akan memberikanmu tepuk tangan sebagai bentuk hadiah, balas hadiah tersebut dengan ucapan terima kasih.

Penting untuk mengucapkan dua kata tersebut di setiap akhir pembicaraan yang sudah kamu sampaikan di hadapan audiens.

Itulah dia beberapa tips agar kamu bisa menjadi public speaker handal, semoga membantu ya. Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Agar Lulus Psikotest


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar