3 Tips Melatih Kecerdasan Emosional dalam Bekerja
Siker.id | 11 May 2022 19:00


Bagikan ke
Melatih kecerdasan emosional (siker)

siker.id - Untuk dapat menggapai cita-cita dan jenjang karier impian, jika hanya mengandalkan kecerdasan intelektual saja, maka itu gak akan bisa membawamu ke kesuksesan dalam berkarier. Diperlukan keseimbangan dengan faktor yang lainnya yaitu, faktor kecerdasan emosional. Dua hal kecerdasan tersebut gak bisa dipisahkan dalam proses mencapai kesuksesan. Meraih kesuksesan dalam berkarier, kamu perlu pandai dalam pekerjaannya dan pandai dalam mengelola emosinya. Nah, karena kecerdasan emosional juga gak bisa kamu miliki dalam waktu yang singkat, maka latihlah mulai dari sekarang. Berikut tips yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Orang Ingin Bekerja Di BUMN

Amati secara cermat tentang perubahan suasana hati

Tips pertama adalah belajar untuk mengamati secara cermat setiap kali kamu mengalami perubahan suasana hati. Tujuannya adalah supaya kamu gak selalu merasakan perubahan emosi yang secara tiba-tiba, tanpa suatu alasan yang jelas. Hal ini akan sangat membantumu, ketika nantinya terjadi masalah, maka kamu akan mampu mengatasinya dengan tepat. Misalnya, ketika kamu baru saja mendapatkan tugas-tugas pekerjaan baru, tiba-tiba kamu langsung merasa kesal dan marah. Maka, saat kamu sudah terbiasa mengamati perubahan emosi dalam kehidupan sehari-hari, kamu akan bisa menemukan penyebabnya.

Melakukan introspeksi diri

Melatih kecerdasan emosional juga dapat dilakukan dengan cara melakukan introspeksi diri. Dalam dunia kerja, mendapatkan saran dan kritik dari orang lain, itu adalah hal yang biasanya. Nah, ketika ada atasan atau rekan kerja yang memberikan kritik padamu, maka gunakanlah hal ini sebagai sarana untukmu melatih kecerdasan emosional dalam diri. Intospeksi diri adalah kegiatan yang bisa membantumu untuk mengembangkan diri lagi, terutama dalam hal kecerdasan emosional. Misalnya, saat mendapatkan kritik, daripada kamu bersedih dan berkecil hati, akan lebih baik untuk menjadikan hal tersebut sebagai sesuatu untuk lebih bercermin lagi dan memperbaiki kekurangan yang kamu miliki.

Baca juga: 3 Tips untuk Ibu Hamil yang Masih Bekerja

Jangan berhenti berlatih dalam meningkatkan kecerdasan emosional

Tips terakhir yang perlu kamu lakukan yaitu, jangan pernah berhenti melatihnya. Kecerdasan emosional gak ada batasannya, untuk menggapai kesuksesan dalam berkarier pun, kamu perlu melatihnya sepanjang waktu. Semakin kamu giat dalam berlatih, maka akan semakin meningkat kecerdasan emosionalmu. Jika sudah meningkat, maka akan bermanfaat untukmu mengejar karier impian. Kehidupan sehari-hari dalam bekerja dan beraktivitas lainnya, akan terasa menyenangkan. Saat semuanya dijalani dengan perasaan senang, bukan gak mungkin jika kesuksesan berkarier bisa lebih cepat kamu dapatkan.

Sekian artikel tentang tips melatih kecerdasan emosional dalam bekerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Mengispirasi Tim dalam Bekerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar