3 Tips Mengatasi Stres Kerja
Siker.id | 11 May 2022 18:00


Bagikan ke
Karyawan yang sedang mengalami stres kerja (freepik/siker.id)

siker.id - Stres adalah suatu kata yang melekat pada manusia dengan kehidupan sehari-hari, apalagi untuk orang yang bekerja. Stres kerja pun disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya seperti beban kerja, lingkungan kerja yang kurang nyaman, dan sebagainya.

World Health Organization (WHO) mengklasifikasikan stres di tempat kerja (burnout) sebagai sindrom. Dalam International Classification of Diseases, burnout merupakan suatu sindrom yang dikonseptualisasi sebagai hasil dari stres kronis di tempat kerja yang tidak dikelola dengan baik.

Baca juga : 3 Tips Mengatasi Lelah Akibat Kecanduan Kerja

Sebelum burnout atau stres kerja ini memberi dampak negatif yang lebih besar, alangkah baiknya kamu mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Kenali Batas Kemampuan

Mengenali batas kemampuan kamu dalam melaksanakan pekerjaan adalah penting untuk dilakukan. Kalau sudah mengenalnya dengan baik, maka kamu bisa mengoptimalkan waktu yang dibutuhkan dan strategi yang harus dilaksanakan agar pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik serta menghindari kelelahan berlebihan.

2. Sharing dengan Rekan Kerja

Buka obrolan dan sharing dengan rekan dapat menciptakan suasana kerja yang lebih positif. Dengan bersikap positif dan optimis, kamu bisa rileks sejenak dan suasana kerja akan terasa lebih nyaman.

Baca juga : Begini Cara Mengatasi Badmood Ketika Sedang Bekerja

3. Lakukan Mindfulness

Mindfulness adalah ketika kamu sadar dan fokus pada momen yang sedang kamu alami tanpa adanya interpretasi. Secara garis besar, teknik yang dilakukan saat mindfulness adalah duduk dengan posisi senyaman yang didapat, bernafaslah seperti biasa, lalu coba untuk fokus merasakan setiap tarikan dan hembusan nafas.

Sebuah penelitian dari Australia menemukan hasil bahwa mindfulness memiliki manfaat bagi individu yang mengalami tingkat stres cukup tinggi. Hal ini disebabkan oleh perbedaan pengambilan keputusan dalam menyelesaikan suatu masalah setelah seseorang menyadari permasalahan dengan seutuhnya melalui kegiatan mindfulness.

Itu dia 3 tips untuk mengatasi stres kerja yang sedang kamu alami, semoga dapat membantu mengurangi stres kerja kamu ya. Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Baper Di Marahin Bos? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Emosimu


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar