3 Tips Berhemat saat Bulan Puasa
Siker.id | 12 Apr 2022 20:30


Bagikan ke
Tips berhemat saat puasa (siker)

siker.id - Selama bulan puasa ini, selain tenggorokan, pernah tidak, kamu merasakan dompet juga jadi ikut-ikutan kering? Padahal harusnya momen puasa ini bisa lebih hemat, ya? Pengeluaran hal-hal lain seperti untuk jajan-jajan kopi atau semacamnya harusnya juga ikut berkurang. Tapi, rasanya hasrat untuk belanja dan jajan itu lebih besar dari biasanya. Akhirnya, pengeluaran jadi bengkak lebih banyak.

Nah, berikut ini beberapa tips biar kamu bisa hemat sampai mendekati Lebaran nanti. Coba simak dalam ulasannya berikut ini!

Baca juga: 3 Tips Hemat Keuangan saat Lebaran

Menjaga pola makan itu penting

Saat berpuasa, kita enggak makan dan minum kurang lebih selama 13 jam. Nah, biasanya waktu sudah buka puasa kita suka kalap melahap makanan ini-itu. Bahkan rasanya gak cukup makan takjil di rumah, jadinya malah jajan lagi di luar. Puasa melatih kita untuk menjaga pola makan. Seperti anjuran ustaz dan ustazah, makan secukupnya saja ketika berbuka puasa sehingga bisa fokus beribadah lagi setelahnya. Selain bisa menjaga kebugaran tubuh, menjaga pola makan juga secara gak langsung bikin kita berhemat,

Pandai-pandai mengelola pengeluaran ekstra

Pada pertengahan puasa, terutama ketika menjelang hari Lebaran, seringkali tiba-tiba pengeluaran kita membengkak. Biasanya kita akan sibuk belanja bahan makanan untuk Hari Raya sampai beli hampers buat orang-orang tersayang. Supaya gak kaget di akhir nanti, kamu wajib banget menyiapkan pengeluaran-pengeluaran tersebut. Alokasi-alokasi pengeluaran spesial seperti belanja baju baru, zakat, angpao buat keponakan, dan belanja hampers sebaiknya masuk ke budget bulanan.

Baca juga: Tips Cara Menghitung Kebutuhan AC Agar Hemat

Bikin takjil sendiri lebih seru

Ngabuburit untuk menunggu waktu berbuka puasa sebaiknya diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya adalah bikin takjil. Yup, daripada jajan di luar juga, kan, mengeluarkan lebih banyak uang? Kamu bisa memilih sendiri mau menu takjil yang manis atau asin. Selain itu, tentunya bisa sekalian latihan memasak. Ketika membuat takjil, kamu bisa lupa waktu saking menikmatinya, lho, meski gak bisa mencicipi karena sedang puasa.

Sekian artikel tentang tips berhemat saat puasa. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar