Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Tips Menghindari Fraud Dalam Laporan Keuangan
Siker.id | 21 Jan 2022 11:45


Bagikan ke
Menghindari kecurangan dalam laporan keuangan. (siker)

siker.id - Bagi sebuah perusahaan, organisasi, atau bahkan instansi pemerintah, kasus fraud alias kecurangan yang terjadi pada laporan keuangan memang sangat merugikan. Demi mencegah kasus semakin menggerogoti finansial perusahaan, mempelajari apa saja penyebab terjadinya fraud bisa jadi sangat penting dalam upaya melakukan pencegahan di awal. Hanya saja, meskipun berbagai penyebab terjadinya fraud sudah diusahakan seminimalis mungkin tak terjadi, tetap saja aksi kecurangan laporan keuangan terjadi. Berikut tips menghindari fraud (kecurangan) yang ada dalam laporan keuangan yang perlu Anda tahu!

Baca juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan

Menggunakan Software Yang Accountable

Saat ini diketahui sudah banyak sekali startup yang menjual software untuk akuntansi atau manajemen data. Semua dapat menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Software ini akan membantu perusahaan mengatasi masalah akuntansi atau pembukuan perusahaan termasuk fraud laporan keuangan. Selain itu dengan penggunaan software bisa jadi kemungkinan akuntan berbuat curang pasti akan lebih kecil.

Memperketat Pelaksanaan SOP

Fraud laporan keuangan juga bisa dicegah dengan memperketat pelaksanaan SOP. Masih sering didapati jika SOP dianggap hanya sebatas aturan teoritis sehingga diabaikan. Bisa karena tenggat waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tugas terlalu singkat, sehingga membuat SOP dilakukan tidak sesuai prosedur (melompat-lompat). Untuk itu perusahaan perlu memperketat SOP untuk karyawan. Mungkin dengan cara memberikan reward dan hukuman.

Melakukan Proses Rekrutmen Karyawan Secara Cermat

Karyawan merupakan investasi terbesar bagi perusahaan. Oleh karena itu saat proses perekrutan, usahakan untuk memilih dengan sangat cermat. Pilih yang paling mendekati kualifikasi terbaik, supaya mendapatkan calon karyawan yang bermutu. Terutama karyawan bagian keuangan karena nantinya mereka lah yang bertugas membuat laporan keuangan. Pastikan untuk merekrut karyawan akuntansi yang memiliki sifat jujur dan penuh tanggung jawab terhadap pekerjaan. Hindari memilih karyawan dengan cara kolusi. Misalnya memilih berdasarkan hubungan kekerabatan dengan pegawai lama.

Baca juga: Berikut 5 Cara Mengelola Keuangan Perusahaan

Audit Teratur

Salah satu hal lain yang bisa dilakukan untuk mencegah kecurangan terjadi dalam perusahaan yang dilakukan oleh karyawan adalah dengan memfungsikan internal audit sebagaimana mestinya. Mungkin memang sumber daya manusianya kurang memadai, namun hal ini seharusnya menjadi perhatian pihak perusahaan jika memang mau mencegah kecurangan terjadi. Karena begitu pentingnya, maka ada baiknya perusahaan memberikan training khusus untuk menjadi internal auditor bagi beberapa karyawan yang dianggap berkompeten. Internal auditor ini nantinya tak hanya akan melakukan tindakan pencegahan fraud, tetapi juga harus mampu memberikan solusi terhadap masalah yang sudah terjadi.

Beri Kenyamanan

Salah satu penyebab terjadi fraud dalam perusahaan yang dilakukan oleh karyawan adalah tidak terpenuhinya kenyamanan karyawan untuk bekerja. Penyebabnya bisa bermacam-macam sih, dan bisa jadi sangat kompleks. Akan lebih baik jika HR memastikan apa penyebab karyawan kurang nyaman dalam bekerja. Cek, misalnya, apakah kompensasi non finansial sudah terpenuhi semua, seperti ruang kerja yang sehat, rencana liburan bareng, atau mungkin perbanyak training-training untuk meningkatkan skill dan kompetensi mereka. Jika sudah menemukan jawaban, maka selanjutnya pihak perusahaan bisa melakukan beberapa hal untuk memperbaiki situasi tak nyaman tersebut.

Sekian artikel tentang tips menghindari fraud dalam laporan keuangan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Pentingnya Akuntan Dalam Mengelola Keuangan Perusahaan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar