Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Lulusan Manajemen Keuangan Syariah, Simak Prospek Kerjanya
Siker.id | 17 Nov 2021 18:10


Bagikan ke

Siker.id - Saat ini banyak perusahaan atau lembaga keuangan yang menawarkan layanan berbasis Syariah. Produk keuangan Syariah mulai bermunculan seiring dengan meningkatnya minat masyarakat dalam pengelolaan keuangan menurut Syariah Islam. Apalagi mayoritas masyarakat Indonesia adalah Muslim yang menganggap keuangan Syariah lebih sederhana, lebih murah dan memberikan kenyamanan. Tidak heran jika peluang atau prospek kerja Manajemen Keuangan Syariah masih terbuka lebar di Indonesia.

Baca juga: Bagaimana Menyeimbangkan Pekerjaan Dengan Kehidupan Pribadi?

Program studi Manajemen Keuangan Syariah bisa Anda temukan di universitas negeri atau swasta berbasis Islam di Indonesia. Peluang berkarir setelah lulus dari jenjang sarjana cukup besar dengan gaji yang tidak kalah berkelas. Berikut 6 peluang atau prospek kerja Manajemen Keuangan Syariah di Indonesia yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Manajer Keuangan

Gaji manajer keuangan bisa mencapai angka puluhan juta rupiah per bulan belum termasuk tunjangan atau bonus lain. Gaji yang sangat besar sebanding dengan tugas dan tanggung jawab seorang manajer keuangan di perusahaan. Dia harus melakukan pemantauan aliran dana masuk dan keluar perusahaan, menyiapkan laporan laba rugi dan melakukan perencanaan pengelolaan keuangan perusahaan agar terhindar dari risiko bangkrut.

2. Pegawai Pajak

Kamu bisa mencoba peluang karir dengan mengikuti tes sebagai pegawai di kantor pajak baik tingkat daerah hingga pusat. Biasanya pegawai pajak yang masih berada pada level satu mendapatkan gaji pokok jutaan rupiah yang belum termasuk tunjangan. Selain masa bakti ASN, kinerja yang bagus bisa memberikan peluang naik jabatan dengan gaji dan tunjangan yang lebih besar mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Jika Kamu bekerja pada lembaga negara, maka pastikan siap untuk mengikuti setiap persyaratan dan ketentuan yang diberikan. ASN harus siap mutasi kapan saja di seluruh wilayah Indonesia, ya!

3. Analis Investasi

Manajemen Keuangan Syariah juga memiliki kesempatan berkarir sebagai analis investasi yang bekerja di perusahaan, institusi maupun independen. Layanan analis investasi independen akan membantu klien dalam menganalisis kemungkinan untung dan rugi dari melakukan investasi saat ini.

Analis investasi sangat berpengetahuan tentang manajemen uang dalam memilih investasi yang paling aman untuk investasi berisiko yang memberikan keuntungan lebih besar.

Baca juga: 8 Cara Memberi Kesan Baik Saat Pertama Bekerja

4. Auditor

Tugas auditor adalah memeriksa, memantau dan mengevaluasi kondisi keuangan perusahaan yang dilaporkan oleh divisi keuangan. Setidaknya keberadaan auditor dapat meminimalisir risiko penipuan atau penggelapan dana perusahaan yang mungkin terjadi

5. Analis Keuangan

Prospek kerja perbankan syariah selanjutnya yang bisa dipilih adalah menjadi analis keuangan. Analis keuangan memiliki tugas untuk melakukan analisis terhadap kondisi finansial.

6. Staf Keuangan Syariah

Selain bekerja di bank yang berbasis syariah, Kamu juga bisa bekerja di lembaga keuangan yang juga menerapkan prinsip syariah. Mereka tentu akan sangat membutuhkan tenaga kerja lulusan perbankan syariah

Sekian artikel tentang prospek kerja manajemen keuangan syariah bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Bagi Lulusan Ilmu Gizi, Ini Prospek kerjanya

 

 


Editor: Bagus -

     

Komentar