icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Hemat Keuangan saat Lebaran
Siker.id | 11 Apr 2022 12:45


Bagikan ke
Tips hemat keuangan saat berlebaran (siker)

siker.id - Lebaran sebentar lagi datang, salah satu yang ditunggu bagi kaum pekerja pastinya datangnya THR atau tunjangan hari raya. Pada saat lebaran inilah momen saling berbagi THR yang sering ditunggu-tunggu. Tetapi tahukah kamu bahwa Sebagian besar dari kita pasti merasakan terlalu boros pada saat momen lebaran karena pengeluaran yang dikeluarkan ini ternyata jauh melebihi ekspetasi kita. Apalagi bagi mereka yang baru pertama bekerja pastinya belum mendapatkan THR tetapi pastinya ingin ikut berbagi. Oleh karena itulah mengapa perlu perencanaan keuangan semenjak awal puasa agar saat lebaran nanti kita tetap bisa berbagi denagn baik. Berikut ini tips hemat keuangan saat lebaran yang perlu kamu tahu.

Baca juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan

Evaluasi kebiasaan pengeluaran

Saat Lebaran, rasanya sangat sulit untuk tidak mengeluarkan uang untuk berbelanja. Pasalnya, secara umum semua orang yang merayakannya akan berbelanja, mulai dari baju baru hingga makanan untuk keluarga besar dan tamu. Padahal, kamu tidak harus begitu, lho. Lebaran bisa dijalankan secara tidak berlebihan. Misalnya, kamu tidak wajib membeli baju baru. Lebih baik, gunakan baju terbaikmu yang sudah ada saat ini. Selalu catat pengeluaran, dan perhatikan agar tidak melampaui batas yang wajar.

Alihkan pengeluaran

Tips selanjutnya agar hemat saat lebaran adalah dengan mengalihkan pengeluaran. Mungkin, kebutuhan lebaranmu memang banyak. Nah, cobalah atur lagi alokasi uang belanjamu. Lihat apakah ada aspek pengeluaran lainnya yang tidak begitu penting yang bisa dialihkan untuk kebutuhan Lebaran. Misalnya, kamu mengalokasikan sekian ratus ribu untuk membeli barang hobimu. Untuk bulan ini, cobalah tunda hal tersebut terlebih dahulu.

Baca juga: Berikut Kriteria Khusus Karyawan Keuangan atau Bendahara

Riset harga dan cari diskon

Menurut The National News, penting untuk memanfaatkan diskon lebaran yang ada, baik online maupun offline. Ini adalah salah satu tips hemat saat lebaran yang paling jitu. Coba juga cek reward dari membership di toko-toko tertentu. Bisa jadi, ini akan membantumu berbelanja dengan lebih murah. Di tempat-tempat belanja online, kamu juga bisa melakukan riset terlebih dahulu sebelum check–out barang. Carilah yang menawarkan harga paling ekonomis untuk menghemat pengeluaranmu.

Sekian artikel tentang tips hemat keuangan saat lebaran. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 4 Jenis Laporan Keuangan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar