Sudah Gajian? Berikut Tips Mengelolanya
Siker.id | 27 Nov 2021 10:00


Bagikan ke
Setelah menerima gaji lebih baik Anda bisa mengelolanya dengan baik pula. (siker)

siker.id - Setiap orang pasti ingin memiliki tabungan yang cukup untuk masa depan. Hanya saja, setiap mendapatkan gaji, pasti ada aja pengeluaran yang harus dibayar dan tabungan tidak bertambah. Mengelola keuangan sangat penting agar bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, Anda harus punya kesadaran juga mengumpulkan dana yang cukup untuk masa depan. Tidak sedikit orang yang memiliki gaji yang cukup tinggi tetapi karena boros tidak memiliki tabungan yang cukup. Nah, berikut beberapa tips dan cara mengatur gaji bulanan agar bisa tetap menabung!

Baca juga: Bekerja dengan Gaji Kecil atau Mengganggur? Pilih Mana

1. Buat Anggaran Bulanan

Rencanakan anggaran bulanan Anda. Mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk shopping, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja Anda.

2. Segera Bayar Tagihan

Saat mendapatkan gaji, hal yang pertama Anda lakukan adalah membayar semua tagihan Anda di awal. Dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini penting, agar tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda sehari-hari. Dengan memisahkan atau membayarkannya terlebih dahulu tentu akan membuat Anda lebih tenang untuk mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

3. Sisihkan Untuk Tabungan

Jika selama ini Anda terbiasa menyisihkan sisa gaji untuk tabungan, kali ini cobalah menyisihkan gaji untuk tabungan sebelum Anda menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Hal ini berguna, untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting.

4. Buat Anggaran Pengeluaran Sesuai Kebutuhan

Buatlah daftar semua pengeluaran setiap bulannya seperti uang sewa, tagihan listrik, makanan, transportasi, dan kebutuhan lainnya. Coba bedakan mana yang merupakan kebutuhan, dan mana yang merupakan keinginan. Dengan membuat daftar biaya pengeluaran ini dapat memperkirakan berapa jumlah uang yang dikeluarkan.

Baca juga: Kiat Ampuh agar Negosiasi Gaji Berjalan Lancar

5. Gunakan Aturan 50-30-20

Sobat Pintar dapat menggunakan aturan 50/30/20 sebagai cara mengatur gaji bulanan, yaitu dengan memilah gaji dalam tiga kategori utama, yaitu:

• 50% untuk memenuhi biaya kebutuhan sehari-hari, contohnya biaya sewa, makan, dll

• 30% untuk memenuhi keinginan, contohnya nonton bioskop, shopping, dll

• 20% untuk ditabung dalam instrumen keuangan seperti dana darurat, investasi, dll.

6. Jangan Suka Pamer ke Orang Lain

Rata-rata orang menghabiskan terlalu banyak uang untuk hal yang tidak penting yaitu pamer. Dari mobil mewah hingga pakaian bermerek, sebagian besar dari apa yang kita beli lebih berkaitan dengan bagaimana bisa membuat orang lain terkesan, bukan membeli sesuatu yang benar-benar kita inginkan dan nikmati. Belilah barang yang memang Anda suka, jangan buang uang untuk membeli sesuatu hanya untuk pamer ke orang lain.

7. Selalu Membawa Daftar Barang Saat Belanja

Daftar barang belanjaan bisa dibilang hal yang sederhana, tapi ini yang bisa menjaga supaya Anda nggak belanja kebablasan. Saat belanja kebutuhan pokok, baik mingguan atau bulanan, usahakan untuk fokus pada barang-barang yang ada di daftar belanjamu saja ya, jangan sampai tergoda untuk mengambil barang lainnya. Kalau Anda menginginkan barang yang di luar daftar belanjamu, pastikan kembali itu barang yang Anda butuhkan dan masih masuk dalam budget belanja.

8. Jeli Terhadap Promo

Nggak ada salahnya memperhatikan promo yang sedang berjalan, baik saat belanja offline maupun online. Saat belanja offline, lihat ke bagian atau rak barang-barang promo, lalu cek apakah barang yang Anda butuhkan ada di situ. Saat belanja online, ada momen-momen belanja di tanggal-tanggal tertentu yang bisa dimanfaatkan. Kalau beli baju misalnya, selalu ada momen midseason sale, end-of-season sale, atau Harbolnas yang bisa Anda ikuti. Yang pasti, manfaatkan promo tapi jangan jadikan ini sebagai alasan untuk belanja yang nggak perlu ya

Sekian artikel tentang cara mengatur gaji bulanan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Perusahaan Telat Membayar Gaji, Apa Yang Harus Dilakukan?


Editor: Theo Adi -

0     0    

TAG :

Komentar