Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Cara Mengatur Gaji yang Pas-pasan
Siker.id | 29 Dec 2021 18:30


Bagikan ke
Cara atur keuangan gaji yang pas-pasan. (siker)

siker.id - Apakah Anda termasuk yang langsung checkout barang-barang incaran di keranjang e-Commerce atau pesan makanan online begitu terima gajian? Biasanya setelah itu langsung merasa kok dompet menipis padahal baru gajian, sedangkan tanggal gajian selanjutnya masih lama banget. Kalau begini terus, rasanya gaji yang pas-pasan hanya numpang lewat saja di rekening. Kalau kita selalu menjalani hidup dari gaji ke gaji seperti ini setiap bulannya, akan sulit untuk bisa menabung apalagi berinvestasi untuk jangka panjang. Berikut tips mengatur gaji pas-pasan.

Baca juga: Berikut Alasan Gaji Tiap Karyawan Berbeda

1 Utamakan Membuat Anggaran Belanja

Sebelum menggunakan uang untuk hal-hal yang kurang perlu, alangkah lebih bijak Anda anggarkan belanja dulu. Anggaran ini berisi daftar kebutuhanmu setiap bulan. Bukan hanya kebutuhan pokok, tetapi juga kebutuhan sekunder dan tersier. Misalnya saja belanja, perawatan kendaraan, seperti ganti oli dan service, hingga bayar gym bulanan. Dalam hal ini, Anda harus mampu mengalokasikan gaji per kebutuhan.

2 Sesuaikan Kebutuhan untuk Menekan Pengeluaran

Membagi-bagi uang dari total gaji untuk pengeluaran adalah bagian paling penting. Ini akan mencegah membengkaknya pengeluaranmu selama sebulan penuh. Berfungsi juga sebagai kontrol Anda ketika mengeluarkan uang. Misalnya, pendapatan per bulan Anda Rp 5 juta, saat mendapatkan itu, Anda harus menyisihkan terlebih dahulu untuk bayar kosan, nabung, dan kebutuhan sehari-hari.

3. Evaluasi Cicilan dan Biaya Rumah

Banyak orang yang kesulitan untuk mengatur keuangan keluarganya karena cicilan rumah (KPR) sudah memotong sebagian besar dari gaji bulanan. Sebaiknya cicilan rumah tidak lebih dari 25 persen dari total gaji yang diperoleh setiap bulannya. Carilah KPR yang menawarkan cicilan paling kecil. Jika belum mampu mengambil cicilan rumah, sebaiknya carilah sebuah kontrakan yang murah.

Baca juga: Berikut Pertimbangan Menerima Kerja Walau Gaji Minim

4. Belilah Barang Bekas yang Masih Layak

Membeli barang yang masih layak digunakan dapat menghemat anggaran belanja. Misalnya saja membeli mobil bekas, barang elektronik bekas, furniture bekas, dan sebagainya. Banyak orang yang memberikan penawaran murah untuk barang bekas yang jarang digunakan, bahkan ada yang tidak pernah digunakan.

5. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Catat setiap pemasukan yang Anda terima setiap bulannya, baik dari gaji tetap maupun dari penghasilan tambahan. Begitu pula dengan setiap pengeluaran yang Anda lakukan. Jangan malas untuk mencatat setiap detailnya ya. Ini penting untuk melihat pos mana yang merupakan pengeluaran terbesarmu; konsumsi, transportasi, internet dan paket data, belanja pakaian, atau lainnya.

Sekian artikel tentang tips alokasi gaji yang pas-pasan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tips Menjawab Pertanyaan Gaji Yang Diharapkan


Editor: Theo Adi -

     

TAG :

Komentar