icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Mengelola Waktu Cuti Lebaran
Siker.id | 11 Apr 2022 14:45


Bagikan ke
Tips mengelola waktu cuti lebaran (siker)

siker.id - Dikutip dari Sekretariat Kabinet RI, pemerintah telah memutuskan bahwa cuti bersama Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada 29 April dan 4 sampai 6 Mei 2022. Di sisi lain, tanggal 2 dan 3 Mei 2022 sudah ditetapkan sebagai hari libur nasional Lebaran. Pada tanggal tersebut tentunya sudah ditunggu-tunggu oleh kebanyakan pekerja saat ini. Sebab, selain untuk silaturahmi, cuti Lebaran adalah waktu yang baik untuk beristirahat. Namun, supaya pikiran kita bisa kembali segar kembali, waktu cuti yang diambil harus bebas dari pekerjaan dan tanggung jawab lainnya. Agar nanti saat masuk kerja kitab isa bersemangat lagi ikuti beberapa tips mengelola cuti lebaran ini.

Baca juga: Jangan Khawatir Inilah Bedanya Cuti dan PHK

Umumkan cuti sejak jauh hari

Mengumumkan cuti sejak jauh hari adalah tips kelola libur Lebaran pertama yang perlu kamu ikuti. Hal ini wajib kamu lakukan agar bisa mendapatkan tanggal cuti yang diinginkan. Selain itu, menginformasikan cuti dari jauh hari juga bisa membantu perusahaan untuk membatalkan semua timeline kerjamu pada tanggal libur. Nah, untuk hari libur nasional Lebaran, kamu tak perlu menginformasikan jadwal cuti. Namun, jika ingin mengambil cuti bersama pada tanggal 29 April atau 4 sampai 6 Mei mendatang, apalagi mengambil cuti tambahan, kamu perlu mengumumkan jadwal cuti sejak jauh hari.

Periksa deadline dan status proyek

Memeriksa semua deadline dan status proyek merupakan tips kelola cuti Lebaran yang sering dilupakan pekerja. Hal satu ini tak bisa kamu abaikan. Sebab, melansir Silicon Republic, proyek akan terus berjalan meskipun kamu sedang mengambil cuti. Memperhatikan deadline juga penting supaya kamu bisa memundurkan jadwalnya bila memang tak sempat diselesaikan. Sebagai saran, bila ada deadline pekerjaan yang tak tercapai, informasikan atasan dan rekan kerja di kantor.

Baca juga: Bagaimana Pengaturan Hak Izin Cuti Melahirkan?

Batalkan semua meeting pada tanggal cuti

Sebelum mulai liburan, batalkan dulu semua meeting yang ada pada tanggal cuti. Tips kelola cuti Lebaran satu ini penting dilakukan agar waktu libur tak terganggu pekerjaan. Jika memungkinkan, buatlah kesepakatan dan jadwal baru dengan peserta cuti yang lain sebelum berlibur. Dengan itu, kamu dapat merencanakan tanggal meeting yang lebih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Sekian artikel tentang tips mengelola waktu cuti lebaran. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tips Dalam Meminta Izin Cuti


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar