icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Raih Pekerjaan Impian Bagi Fresh Graduate
Siker.id | 17 Mar 2022 16:15


Bagikan ke
raih pekerjaan impian bagi fresh graduate. (siker)

siker.id - Level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) kini mulai menurun. Artinya, banyak perusahaan mulai kembali beraktivitas. Ketik saja kata kunci “Lowongan Kerja September 2021” di Google, maka peluang pekerjaan bertebaran bak jamur di musim penghujan.

Fenomena ini adalah peluang yang tidak datang dua kali. Oleh karena itu, diharapkan lulusan baru (fresh graduate) untuk mempersiapkan diri agar dapat memulai karir dan kehidupannya dengan cemerlang.

Berikut ini beberapa tips raih pekerjaan fresh graduate :

Baca juga: Mengeluh Karena Pekerjaan? Ini Tips Mensyukuri Pekerjaan

Pastikan Tujuan Karirmu

Setiap orang memiliki tujuan hidupnya masing-masing. Misalnya ada yang ingin mencari uang sebanyak-banyaknya, ada yang ingin membanggakan keluarga dan daerahnya, ada juga yang ingin mengabdikan diri untuk kemajuan di sektor ataupun bidang tertentu.

Semua tujuan itu sangat mulia. Oleh karena itu, tujuan karir perlu dipikirkan dan ditentukan sedini mungkin. “Bukan sebuah hal yang sulit untuk membangun karir di masa depan. Namun, perlu diingat ya, bahwa membangun karir ini harus dipikirkan secara matang, mulai dari membuat tujuan karir, pertanyaan sederhana: apa sih yang kamu inginkan dalam pekerjaan?”

Cara mencari tujuan karir tidaklah sulit. Bisa dimulai dari hal yang sederhana seperti memahami potensi, bakat, dan passion yang selama ini dimiliki. Dari situ, milenial bisa mulai menulis dan memetakan apa yang selama ini ingin dicapai sebagai tujuan karir.

Kumpulkan Pengalaman Magang dan Volunteer

Setelah mengeksekusi dan memproyeksikan beberapa rencana masa depan, kamu bisa mengikuti berbagai macam kegiatan yang sesuai dengan keinginanmu. Misalnya seperti kegiatan volunteer atau internship. Dua kegiatan itu bisa menunjang skills kemampuan bekerja.

Mengikuti organisasi juga bisa jadi cara mujarab lainnya untuk menambah pengalaman sekaligus koneksi. Selain itu, berorganisasi juga dapat menambah kemampuan kepemipinan bagi mahasiswa.

Baca juga: Jenis Pekerjaan Untuk yang Passion Menulis

Bangun Personal Branding dan Jaringan

Rencana dan pengalaman haruslah dieksekusi. Membuat personal branding, menjadi langkah awal yang baik untuk eksekusi ini.

Inilah tips ketiga ala Vina. Media sosial seperti Linkedin dan Karirlink bisa menjadi sarana kita untuk menampilkan pengalaman dan portofolio pekerjaan. Dengan tampilnya profil kita, maka kita akan mudah dikenal oleh para perusahaan.

Sekian artikel tentang cara raih pekerjaan impian bagi fresh graduate. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Pekerjaan Online ini Cocok Buat Mahasiswa


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar