icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Lulusan Hubungan Internasional Kerja Jadi Apa?
Siker.id | 10 Nov 2021 12:15


Bagikan ke
Lulusan HI memiliki prospek kerja yang terbilang tinggi dan prestige. (siker)

siker.id - Dunia politik menarik minat Anda? Atau Anda lelah dengan intrik dunia politik, tapi terlanjur kuliah di Hubungan Internasional? Jangan keburu murung, karena Anda beruntung. Hubungan Internasional enggak cuma menghasilkan calon-calon duta besar karena Anda dibekali dengan sejarah, ekonomi, filsafat, sosiologi, geografi, kriminologi, antropologi, psikologi, ilmu budaya, dan hukum internasional. Banyaknya disiplin ilmu yang dipelajari selaras dengan banyaknya prospek kerja setelah lulus. Lalu apa saja peluang kerja buat yang lulusan Hubungan Internasional?

Baca juga: Lulusan Elektro? Coba Peluang Kerja Ini

1. Duta Besar

Prospek kerja Hubungan Internasional yang pertama adalah menjadi Duta Besar (Dubes). Profesi yang satu ini sangat linear dengan jurusan HI. Duta besar adalah pejabat diplomatik yang memang ditugaskan untuk bisa merepresentasikan negara asalnya di negara berdaulat lain atau organisasi internasional. Menjadi Dubes berarti Anda siap ditempatkan di negera manapun.

2. Diplomat

Prospek pekerjaan ini bisa dibilang favorit bagi sebagian besar mahasiswa HI. Diplomat adalah PNS bagian dari Kementerian Luar Negeri yang diberikan wewenang untuk menjalankan kegiatan diplomasi dan negosiasi, serta hubungan luar negeri. Para diplomat bekerja di kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di tiap-tiap negara. Namun, ada juga yang bekerja di kantor Kementerian Luar Negeri di Indonesia. Para diplomat ini bertugas melakukan diplomasi dan negosiasi mengenai berbagai persoalan sesuai dengan divisi yang ditempatinya.

3. Staf Kedutaan

Pekerjaan yang satu ini masih dalam ranah kedutaan. Sebagai seorang staf kedutaan, Anda akan bertugas membantu duta besar dalam menyelesaikan berbagai persoalan sesuai dengan spesialisasinya masing-masing. Contohnya, staf kedutaan bidang ekonomi. Staf ini bertugas melakukan negoisasi tentang pajak atau persoalan-persoalan ekonomi yang lain.

4. Staf Ahli

Sebagai seorang Staf Ahli, Anda akan membantu Menteri dalam bidang keahlian tertentu. Dikoordinasikan oleh Sekretaris Kementrian, Anda bertanggung jawab pada Menteri atas pengumpulan informasi, analisis, rekomendasi, dan saranmu.

Baca juga: Bagaimana Prospek Kerja Bagi Lulusan Psikologi?

5. Government Relations Officer

Bekerja pada perusahaan asing di negara sendiri sebagai Government Relations Officer berarti Anda akan jadi penghubung antara perusahaan tempat bekerja dengan pemerintah. Anda akan bertemu dengan banyak politisi pada berbagai tingkat pemerintahan hingga mempengaruhi kebijakan legislatif dengan diplomasi.

6. Wartawan atau Jurnalis

Terlatih berpikir kritis, analitis, dan selalu ter-update dengan perkembangan dunia, Anda bisa menjadi seorang Jurnalis ataupun Reporter yang handal. Anda bisa juga bekerja pada media nasional maupun internasional.

7. Dosen

Anda dapat melanjutkan kuliah ke jenjang pascasarjana kemudian kembali lagi ke kampus dan juga menjadi dosen. Anda bisa memanfaatkan ilmu yang dimiliki guna disampaikan lagi kepada adik-adik yang menjadi mahasiswa Anda.

8. Pengusaha

Jika Anda mempunyai passion berbisnis maka Anda dapat memilih untuk bekerja sebagai pengusaha. Sebagai pengusaha nanti Anda bisa mendapatkan dengan gaji yang tidak terbatas.

9. Peneliti

Anda juga dapat bekerja sebagai peneliti khususnya di bidang politik, budaya, maupun hubungan internasional

10. Konsultan Internasional

Setelah lulus Anda dapat bekerja sebagai konsultan internasional di suatu perusahaan. Gaji yang bisa Anda dapat bisa mulai dari Rp 5 juta hingga puluhan juta tergantung jenis konsultan apa dan kerja untuk klien apa.

11. Bekerja di Organisasi Internasional

Punya passion kerelawanan yang tinggi? Jika iya, maka Anda bisa mencoba bekerja di Organisasi Internasional. Saat ini peluang bekerja di organisasi internasional lumayan besar. Cocok untuk sobat yang ingin berkiprah di dunia internasional. Bekerja dalam organisasi internasional berarti telah menjadi pegawai sipil internasional.

Sekian artikel tentang peluang kerja lulusan hubungan internasional. Jika Anda menyukai artikel ini bisa dibagikan pada semua orang. Bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Lulusan Akuntansi Kerja di Bagian Apa?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar