Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Teknik Komputer?
Siker.id | 15 Nov 2021 13:00


Bagikan ke
Prospek kerja lulusan Teknik Komputer sangat terbuka lebar di masa depan karena sejalan dengan perkembangan dunia digital. (siker)

siker.id - Prospek kerja lulusan Teknik Komputer sangat terbuka lebar di masa depan karena sejalan dengan perkembangan dunia digital. Prodi teknik komputer mempelajari landasan teori informasi serta komputasi dan teknik praktis untuk diaplikasikan pada sistem komputer. Bidang studi ini menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis perancangan, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi perangkat lunak dan kinerja komputer. Dengan kata lain, bidang studi ini melakukan pembahasan terkait pengelolaan data yang sejalan dengan teknologi komputer dan prinsip logika. Di era digital ini, semakin banyak kegiatan yang mengandalkan teknologi. Oleh karena itu, lapangan pekerjaan bagi para mahasiswa yang berkuliah di jurusan Teknik Komputer akan terbuka lebar. Kira-kira apa saja prospek kerja di masa depan yang relevan dengan mahasiswa Prodi Komputer?

Baca juga: Simak! Begini Prospek Kerja Lulusan Desain Komunikasi Visual

1. Programmer

Menjadi seorang programmer, Anda dituntut dapat menentukan akan mendalami bidang apa karena akan ada banyak sekali spesialisasi untuk bidang ini. Bidang spesialisasi dalam programming tergantung pada aplikasi itu sendiri, apakah untuk instalasi (desktop programming), situs (web programming), ataupun aplikasi smartphone (mobile programming). Untuk menjadi seorang programmer, Anda harus mampu terus berinovasi dan mengasah kreativitas karena hanya dengan itu Anda bisa mengembangkan dan menemukan penemuan baru dari produk yang Anda inginkan.

2. Freelancer (Pekerja Lepas)

Saat ini, freelancer atau pekerja lepas menjadi pilihan banyak orang, khususnya anak-anak muda. Dengan memegang sertifikat lulusan Teknik Komputer, kamu juga dapat menjadi seorang pekerja lepas. Cara bekerja sebagai freelancer sebenarnya tidak jauh berbeda dengan programmer. Kamu tetap harus berurusan dengan program. Hanya saja, sebagai freelancer kamu dapat membuka layanan jasa untuk pengadaan sebuah aplikasi atau program.

3. Teknisi Komputer

Teknisi komputer ini bidang kerjanya terbagi menjadi empat, yaitu teknisi komputer perbaikan yang memeriksa bagian-bagian komputer dan perangkat yang bermasalah untuk diperbaiki bagian yang bermasalah tersebut. Teknisi komputer jaringan biasanya memantau aktivitas jaringan, instalasi perangkat lunak, dan pengelolaan server. Teknisi komputer infrastruktur yang biasanya berurusan dengan implementasi jaringan komputer besar dan bertanggung jawab untuk menentukan lokasi yang benar untuk peralatan komputer. Terakhir adalah teknisi komputer server yang bertanggung jawab untuk menentukan jenis peralatan yang dibutuhkan, perihal instalasi, konfigurasi dan pengaplikasian layanan tersebut.

4. PNS

Sampai tahun ini PNS adalah pekerjaan menantu idaman. Bagaimana tidak, dengan gaji dan berbagai jaminan yang diberikan profesi PNS tentu menjadikan siapapun yang menjalaninya bisa ayem dan tentrem. Dengan skill TKJ yang dimiliki kemungkinan akan memberi nilai tambah bagi Anda karena sekarang kantor kecamatan juga memerlukan computer bahkan jaringan internet.

5. Desainer

Pada saat menjalani proses pembelajaran biasanya akan ada selingan misalnya seperti menguasai beberapa aplikasi desain. Sebut saja Corel Draw, Blender, 3DMAX, dan masih banyak lagi. Walaupun hanya sebagai selingan siswa bisa mengembangkannya sendiri sesuai kemauannya. Pekerjaan sebagai desainer grafis, desainer interior, 3d modeling, dan banyak lagi menunggu Anda apabila bisa menguasai aplikasi desain tersebut.

Baca juga: Bagaimana Prospek Kerja Bagi Lulusan Psikologi?

6. System Analyst

Kamu tahu system analyst? System analyst merupakan profesi yang memiliki tugas menganalisis dan mendesain sistem yang akan digunakan oleh suatu perusahaan atau organisasi. Sistem tersebut tentunya berkaitan dengan sistem jaringan komputer dan juga peranti lainnya yang berhubungan. Saat menjadi seorang system analyst, Anda dapat bekerja secara full time di kantor atau menjadi pekerja lepas. Enak bukan kalau dibayangkan dapat memilih pola kerja seperti apa? Tapi perlu diingat kalau memang ingin jadi seorang system analyst, Anda harus mempunyai ketelitian tinggi agar tidak melakukan kesalahan saat bekerja.

7. Network Administrator

Prospek kerja lainnya yang bisa Anda pilih adalah menjadi network administrator. Seorang network administrator bertugas menjaga keamanan dan juga kontinuitas jaringan sistem yang digunakan. Kegiatan itu termasuk membuat komputer agar terkoneksi ke internet, membuat email server, FTP server, sampai DNS server. Untuk menjadi seorang network administrator andal, Anda diharuskan menguasai banyak keahlian. Pertama, Anda harus mengetahui dasar-dasar komputer, baik itu teori maupun juga praktik. Kedua, Anda harus bisa menguasai pengetahuan hardware. Ketiga, memahami routing theory hingga konfigurasinya hingga handal. Keempat, Anda harus bisa mengetahui sistem keamanan jaringan komputer. Dan, kelima, Anda harus mempunyai tingkat ketelitian dan etos kerja yang mumpuni serta konsisten.

8. Big Data Engineer

Data engineer adalah salah satu profesi mahasiswa Prodi Teknik Komputer yang menjanjikan. Umumnya, data engineer bekerja sama dengan data analyst dan data manager. Untuk menekuni bidang ini, skill yang harus kamu punya adalah Structured Query Language (SQL) dan Python. Data engineer bekerja untuk menyusun infrastruktur big data sebuah perusahaan.

9. Machine Learning Engineer

Profesi ini adalah bagian dari Artificial Intelligence (AI). Machine Learning Engineer bertanggung jawab membuat program dan algoritma untuk membuat mesin mengambil tindakan tanpa arahan dari manusia. Mesin tersebut belajar dengan otomatis dari data dan pengalaman tanpa dilakukan pemrograman ulang. Profesi ini akan bekerja dengan Big Data untuk menganalisis data yang besar dan kompleks. Pekerjaan bidang IT ini akan semakin dicari di masa depan.

10. Computer Network Architect

Arsitek jaringan komunikasi bertanggung jawab melaksanakan, menjaga, mengembangkan jaringan komunikasi dalam organisasi. Computer Network Architect merancang dan membangun jaringan komunikasi data, termasuk jaringan area lokal (LAN), jaringan area luas (WAN), dan intranet. Jaringan ini berkisar dari koneksi kecil antara dua kantor hingga kemampuan jaringan, seperti infrastruktur cloud yang melayani banyak pelanggan.

Sekian pembahasan tentang peluang kerja lulusan Teknik computer. Jika menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Dan jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Lulusan Ekonomi? Inilah Prospek Kerja Kedepannya!


Editor: Theo Adi -

     

Komentar