icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Lulusan Elektro? Coba Peluang Kerja Ini
Siker.id | 09 Nov 2021 21:00


Bagikan ke
Tidak kalah dengan fakultas lain, lulusan elektro pun memiliki peluang karir menjanjikan. (siker)

siker.id - Peluang kerja jurusan elektro yang luas di berbagai bidang membuat jurusan ini banyak diminati. Lingkup jurusan elektro sangat luas, mulai dari mempelajari sumber listrik hingga pemanfaatannya. Setiap mahasiswa yang mengambil kuliah teknik elektro akan dibekali pengetahuan seputar teknik, mulai dari konsep hingga produksi perangkat listrik. Selain itu, Anda juga diajarkan mengenai metode penyimpanan energi, metode menghemat energi, dan lain sebagainya. Selain lingkup pembelajarannya yang luas, jurusan ini juga memiliki prospek kerja menjanjikan. Ada pun prospek kerja lulusan teknik elektro, yaitu sebagai berikut.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Bagi Lulusan Bahasa Inggris?

1. Dosen / Pengajar

Banyak universitas maupun perguruan tinggi yang membutuhkan tenaga dosen untuk mengajar program studi teknik elektro, baik untuk perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Akan tetapi, untuk menjadi seorang dosen mayoritas diperlukan telah menyelesaikan minimal pendidikan belajar program pascasarjana S2. Selain menjadi dosen, lulusan teknik elektro bisa juga sebagai guru di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) sebagai guru SMK jurusan listrik, instalasi listrik, audio video, dan elektronika industri.

2. PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Banyak lembaga maupun instansi pemerintah yang hampir setiap tahun membuka lowongan untuk menjadi pegawai negeri sipil. Ada banyak kelebihan ketika Anda menjadi seorang PNS yaitu gaji stabil dan tunjungan yang meningkat seiring berjalannya waktu. Selain itu, sebagai lulusan teknik elektro yang berkarir menjadi pegawai negeri sipil maka akan mendapatkan dana pensiun walau sudah berhenti bekerja.

3. Wirausaha / Pengusaha / Pebisnis

Profesi sebagai wirausaha, pebisnis, dan pengusaha menjadi semakin diminati oleh kalangan generasi muda sekarang terutama generasi milenial dan seterusnya. Bekerja mandiri atau mendirikan lapangan kerja merupakan pilihan yang relevan bagi lulusan teknik elektro karena mereka dibekali kemampuan untuk berhadapan langsung dengan kelistrikan dan komputer.

4. Pengembang Perangkat Lunak

Pengembang perangkat lunak atau software developer merupakan salah satu peluang kerja teknik elektro yang bisa kamu pilih. Pengembang perangkat lunak merupakan seorang profesional yang membuat perangkat lunak di berbagai jenis komputer. Seorang yang berprofesi sebagai pengembang perangkat lunak bertanggung jawab dalam pengembangan, desain, dan implementasi produk. Pekerjaan ini sangat menjanjikan dan sangat cocok bagi lulusan teknik elektro.

Baca juga: Anda Lulusan IT? Ini Peluang Kerjanya!

5. System Engineer

Peluang kerja bagi lulusan teknik elektronika selanjutnya yaitu sebagai system engineer. Seorang yang berprofesi sebagai system engineer harus memahami teknik dan manajemen dengan baik. Selain itu, seorang system engineer bertugas melakukan implementasi sistem perangkat lunak, mulai dari analisis data hingga menyempurnakan sistem yang sudah tersedia.

6. Project Engineer

Bekerja sebagai project engineer merupakan salah satu pekerjaan yang cocok bagi lulusan teknik elektro. Agar bisa sukses menjadi seorang project engineer, maka kamu harus memiliki keterampilan dalam manajemen, pengetahuan teknik, dan kemampuan bekerja dalam tim. Seorang yang berprofesi sebagai project engineer bertanggung jawab dalam mengembangkan dan memasang sistem teknik kelistrikan pada suatu proyek.

7. Perusahaan BUMN

Banyak lowongan pekerjaan dari BUMN yang membutuhkan sarjana teknik elektro untuk mengisi posisi di berbagai perusahaan. Perusahaan BUMN merupakan perusahaan yang mayoritas sahamnya adalah milik negara Indonesia. Kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi pegawai BUMN antara lain jenjang karir, gaji yang tinggi, asuransi, dan bisa juga mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan.

8. Perusahaan Multinasional

Siapa sih yang tidak ingin bekerja di perusahaan terkenal apalagi perusahaan multinasional? Ketika Anda bekerja di perusahaan ini maka bisa berkarir baik di Indonesia maupun di luar negeri sesuai dengan kemampuanmu. Perusahaan multinasinal merupakan suatu perusahaan besar dan beroperasi di banyak negara dan punya cabang di berbagai negara.

9. Hardware Design Engineer

Peluang selanjutnya yaitu sebagai hardware design engineer atau insinyur desain perangkat keras. Semakin berkembangnya teknologi seperti sekarang, maka semakin besar pula permintaan pasar terhadap perangkat keras. Agar bisa menghasilkan desain perangkat keras yang terus berkembang, maka diperlukan hardware design engineer. Seorang hardware design engineer bertugas merancang dan membuat komponen perangkat keras, seperti mikrochip, scanner, dan lain sebagainya.

10. Analis Sistem

Lulusan teknik elektro juga bisa menjadi analis sistem. Seorang yang berprofesi sebagai analis sistem bertanggung jawab dalam memelihara dan meningkatkan sistem organisasi. Agar bisa menjadi seorang analis sistem yang profesional, maka Anda harus memiliki keterampilan dalam manajemen proyek. Selain itu, Anda juga harus memiliki kemampuan berpikir kritis serta bisa memecahkan masalah dengan baik.

Sekian artikel tentang peluang karir lulusan elektro. Jika menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Lulusan Ekonomi? Inilah Prospek Kerja Kedepannya!


Editor: Theo Adi -

     

Komentar