icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Prospek Kerja Bagi Lulusan Psikologi?
Siker.id | 07 Nov 2021 17:30


Bagikan ke
Bagi yang sudah kuliah di psikologi atau ingin ambil jurusan psikologi sebaiknya tahu akan kesempatan peluang kerja lulusan psikologi. (siker)

siker.id - Bagi yang sudah kuliah di psikologi atau ingin ambil jurusan psikologi sebaiknya tahu akan kesempatan peluang kerja lulusan psikologi. Psikologi adalah pengetahuan yang pelajari tingkah laku manusia jadi aktualisasi kejiwaan dan kepribadian. Karena ilmu psikologi mempelajari tingkah laku manusia dan dikelompokkan dalam pengetahuan psikologi sosial. Dunia ilmu Psikologi terdiri dari bagian-bagian besar, salah satu materi studi psikologi ialah psikologi sosial, psikologi klinis, psikologi perubahan serta psikologi industri dan manufaktur. Berikut ini prospek-prospek kerja lulusan psikologi yang perlu Anda tahu.

Baca juga : Anda Lulusan IT? Ini Peluang Kerjanya!

1. Human Resource Departement (HRD)

Pekerjaan yang paling diminati oleh lulusan sarjana psikologi yaitu jadi HRD. Berita baiknya adalah sebagian besar perusahaan di Indonesia memerlukan Human Resource Development. Entah itu dari perusahaan kecil maupun perusahaan yang multinasional, dari pemerintahan atau swasta semua memerlukan HRD.

2. Dosen atau Pengajar

Bagi yang lulusan psikologi dan suka membagikan ilmu, maka bisa menjadi dosen atau pengajar. Anda bisa memilih untuk berkarier di perguruan tinggi yang populer. Namun, untuk bisa menjadi seorang dosen, Anda membutuhkan studi jenjang yang lebih lanjut. Paling tidak, kamu harus menempuh minimal pendidikan S2. Bahkan, beberapa universitas memberi syarat minimal pendidikan mencapai S3.

3. Psikolog

Sesuai namanya, seorang mahasiswa lulusan jurusan psikologi bisa menjadi psikolog yang menangani kasus berkaitan dengan kejiwaan seseorang. Terdapat beberapa jenis psikolog yang bisa Anda tempuh jika berminat seperti Psikolog Klinis, Psikolog Pendidikan, Psikolog Industri, atau Psikolog Forensik.

4. Terapis anak

Kalau Anda ingin terjun di dunia medis atau kesehatan bisa mencoba menjadi seorang terapi anak berkebutuhan khusus. Tenaga kerja seperti ini terbilang masih sedikit di Indonesia, dan bisa sangat berpotensi untuk karier. Sebagai seorang terapis anak Anda tidak hanya bisa mendapatkan materiil aja, di situ kamu juga bakal mendapatkan nilai moral yang banyak dibandingkan pekerjaan lainnya yang terbilang formal.

5. Guru Bimbingan Konseling (BK)

Bila Anda tertarik menjadi seseorang guru yang pas untuk lulusan psikologi ialah menjadi Guru Bembimbing Konseling (BK). Pekerjaan dari seseorang guru bimbingan konseling ialah memberi bimbingan serta konseling dengan anak yang terkait dengan permasalahan anak di sekolah seperti terkait dengan kendala belajar atau untuk mengoptimalkan kekuatan anak di sekolah.

Baca juga : Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Hukum?

6. Psikiater

Ilmu yang satu ini merupakan prospek kerja bagi profesi dokter dengan memiliki spesialisasi untuk diagnosis dan mengatasi gangguan mental atau emosional seseorang. Psikiater tersebut dapat mengatasi masalah jiwa ringan, medium hingga berat. Prospek kerja lulusan psikologi yang satu ini cocok bagi Anda yang berasal dari dunia kedokteran dan ingin mempelajari lebih dalam dari dunia psikologi.

7. Management Trainee

Pekerjaan selanjutnya yang bisa kamu coba jika mengambil jurusan psikologi adalah management trainee. Saat ini banyak perusahaan besar yang membuka posisi tersebut setiap tahunnya untuk menemukan bakat-bakat terbaik yang gak dibatasi latar belakang pendidikan. Untuk mencari potensi terbaik yang dimiliki seseorang, para perusahaan besar tersebut bakal menempatkan para kandidat di beberapa posisi untuk batas waktu tertentu.

8. Trainer

Ilmu yang dimiliki mereka yang berkecimpung di bidang psikologi cocok dengan kebutuhan profesi trainer. Itu berarti setelah lulus kuliah di jurusan psikologi, Anda berpeluang menjadi trainer. Alasannya, seorang trainer itu mampu memberi motivasi dan pengembangan diri buat kelompok atau organisasi.

9. Research and Development (RnD)

Kemudian prospek kerja lulusan psikologi yang cemerlang selanjutnya yakni Research and Development, istilah lainnya yaitu Learning and Development. Jenis profesi ini bertugas untuk melakukan riset mendalam terkait dengan pengembangan suatu produk baru.

10. HeadHunter

Prospek dan peluang kerja lulusan psikologi yang lain ialah sebagai Headhunter. Profesi ini merupakan salah satu profesi di bidang psikologi yang lagi ngehits. Headhunter dengan perekrut sama-sama membantu perusahaan untuk mendapatkan kandidat karyawan/karyawati berkualitas yang layak dipekerjakan. Terdapat perbedaan antara headhunter dengan perekrut. Headhunter bekerja di organisasi yang menawarkan jasa pencarian kandidat pegawai kantoran yang berkualitas. Sementara perekrut pada umumnya bekerja di perusahaan bidang apapun yang memiliki tanggung jawab buat mencari kandidat sesuai kebutuhan perusahaan dan permintaan atasan

Sekian artikel tentang prospek kerja bagi lulusan psikologi. Bila Anda menyukai artikel ini bisa Anda bagikan terutama bagi mereka yang lulusan psikologi. Bila ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Bagi Lulusan Bahasa Inggris?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar