Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Buat Lulusan Filsafat, Berikut Prospek Kerjanya!
Siker.id | 10 Nov 2021 14:00


Bagikan ke
Lulusan filsafat ternyata memiliki peluang kerja lebih menjanjikan. (siker)

siker.id - Ketika Anda membayangkan kuliah Jurusan Ilmu Filsafat, mungkin yang ada di benak Anda adalah sesuatu ilmu yang sangat sulit untuk dipahami. Pasalnya, ilmu ini merupakan ilmu yang berisi tentang teori-teori yang sangat mendalam tentang kehidupan manusia. Bahkan, Ilmu Filsafat juga bisa Anda temukan sebagai salah satu mata kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Meski Jurusan Ilmu Filsafat tidak terlalu populer, tapi tahukah Anda bahwa prospek pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat, ternyata memiliki peluang kerja yang cukup tinggi. Nah, karena Ilmu Filsafat mempelajari hal yang bisa dibilang cukup general, sehingga ilmu ini bisa diaplikasikan atau dikaitkan dengan berbagai jenis pekerjaan seperti deretan pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat, yang akan dibahas berikut ini.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Bagi Lulusan Bahasa Inggris?

1. Konsultan Rekrutmen Perusahaan

Lulusan Filsafat mempunyai prospek kerja sebagai konsultan rekrutmen perusahaan karena mampu menafsirkan, meringkas dan memperjelas informasi dari berbagai pengalaman belajarnya selama kuliah. Profesi ini bertanggung jawab untuk menarik calon pegawai dan mencocokan mereka di posisi sementara atau permanen di perusahaan. Konsultan rekrutmen bekerja dengan perusahaan dan membangun relasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan serta persyaratan rekrutmen.

2. Eksekutif Pemasaran

Eksekutif pemasaran adalah karir yang banyak dikejar oleh lulusan Filsafat karena mereka telah terbiasa mempresentasikan ide dan informasi di berbagai mata kuliah Filsafat. Profesi ini terlibat dalam pengembangan kampanye pemasaran untuk mempromosikan produk, jasa atau ide sebuah perusahaan. Pekerjaan mereka bervariasi meliputi perencanaan, periklanan, organisasi acara, pengembangan produk, distribusi, sponsor dan penelitian. Pekerjaan-pekerjaan tersebut cocok bagi orang yang dinamis. Tanggung jawab seorang eksekutif pemasaran bervariasi tergantung pada ukuran organisasi dan sektornya.

3. Guru atau Dosen Filsafat

Para sarjana Filsafat dapat mengaplikasikan ilmu mereka kepada anak didiknya dengan menjadi guru atau dosen. Profesi ini secara nyata dapat menerapkan berbagai ilmu Filsafat yang pernah dipelajari. Anda juga dapat mengajarkan pola pemikiran baru bagi generasi muda untuk lebih kritis menghadapi persoalan yang ada.

4. Pejabat Pemerintahan

Pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat yang memiliki prospek kerja tinggi berikutnya adalah sebagai pejabat di pemerintahan. Pasalnya, jika Anda memahami ilmu-ilmu filsafat, setidaknya terbiasa menganalisis sebuah permasalahan dengan baik. Sehingga, mahasiswa lulusan ilmu filsafat memiliki banyak prospek dalam pekerjaan yang dikerjaan para pejabat pemerintahan. Prospek jabatan pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat di pemerintahan juga beragam dan luas di berbagai bidang. Misalnya seperti bidang perumahan, keuangan, sumber daya manusia, pendidikan, perencanaan, transportasi, pariwisata, teknologi informasi, kesehatan, olahraga, dan masih banyak lagi.

5. Pengamat Politik

Peluang pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat lainnya adalah sebagai pengamat politik. Pasalnya, ketika Anda mempelajari ilmu filsafat, Anda juga akan mempelajari ilmu hukum dasar. Mahasiswa lulusan Jurusan Ilmu Filsafat yang bekerja menjadi pengamat politik, memiliki rincian pekerjaan yakni melakukan beberapa studi terkait latar belakang, perkembangan, dan operasional sistem politik di suatu negara.

Baca juga: Anda Lulusan IT? Ini Peluang Kerjanya!

6. Jurnalis / Wartawan

Pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat selanjutnya yang cocok bagi mahasiswa lulusan filsafat adalah menjadi jurnalis atau wartawan. Dimana jurnalis atau wartawan memiliki deskripsi pekerjaan yakni melakukan penelitian, menganalisa berita atau informasi internasional, nasiona, regional, dan lokal, ke dalam sebuah tulisan. Lulusan filsafat tentunya telah memiliki keahlian dalam menafsirkan dan mengalisis sebuah informasi dari berbagai sumber yang berbeda-beda, menjadi sebuah tulisan berita yang berkualitas untuk dibaca. Bahkan, jika kemampuan menulis Anda bagus, maka Anda bisa menjadi jurnalis spesialis, dan Anda bisa menulis dari berbagi topik secara mendalam.

7. Paralegal

Perkerjaan Jurusan Ilmu Filsafat berikut ini, ternyata masuk ke dalam daftar pekerjaan yang memiliki peluang tinggi. Pasalnya, Jurusan Ilmu Filsafat juga mempelajari mata kuliah tentang hukum. Sehingga, mata kuliah ini bisa dijadikan bekal untuk meniti karir di bidang hukum, seperti pekerjaan sebagai paralegal. Bagi yang belum tahu, pekerjaan paralegal merupakan seseorang yang memiliki keahlian dan keterampilan hukum, namun bukan seorang pengacara. Akan tetapi para legal juga akan bekerja di bawah bimbingan ahli hukum lainnya.

8. Psikoterapis

Banyak lulusan Filsafat yang bekerja sebagai konselor atau psikoterapis karena mereka terus mengembangkan rasa ingin tahu dan pola pikir lateral semenjak kuliah. Psikoterapis menggunakan metode pribadi dengan berbagai perawatan non-medis untuk memahami proses berpikir dan konflik batin para klien.

9. Penulis buku

Lulusan Filsafat dapat menjabarkan ide-ide kritis, teori baru serta berbagai hasil penelitiannya ke dalam bentuk buku. Buku filsafat yang sukses dapat memberikan pengaruh besar di bidang kemanusiaan dan ilmu pengetahuan. Dengan menerbitkan buku, Anda memperoleh uang dari royalti penjualan dan undangan ke berbagai seminar.

10. Pejabat Pemerintah Daerah

Pejabat pemerintah daerah bertanggung jawab untuk membantu pengembangan kebijakan dan prosedur dewan daerah. Para lulusan Filsafat banyak direkrut dalam pekerjaan ini karena melibatkan kontak dan pemahaman dengan anggota masyarakat, anggota dewan, administrator dan berbagai spesialis di departemen lain. Pejabat pemerintah daerah harus memastikan bahwa layanan dari dewan daerah telah disampaikan secara efektif kepada masyarakat. Beberapa bidang spesialis dalam pekerjaan pejabat pemerintah daerah ada di bidang perumahan, keuangan, sumber daya manusia, pendidikan, perencanaan, transportasi, pariwisata, perpustakaan, waktu luang dan rekreasi, regenerasi, kerja sosial, kesehatan dan informasi teknologi.

11. Anggota Departemen Agama dan Departemen Pariwisata

Departemen Dalam Negeri di Indonesia rutin membuka lowongan pekerjaan bagi lulusan S1 Filsafat untuk bekerja di Departemen Agama dan Departemen Pariwisata. Agar dapat diterima di pekerjaan ini, Anda harus mempunyai kemampuan merumuskan pendapat dan membelanya dalam perdebatan. Departemen Agama mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang keagamaan. Sementara Departemen Kebudayaan dan Pariwisata mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang kebudayaan dan kepariwisataan.

Sekian artikel tentang peluang kerja lulusan filsafat. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Dan bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Lulusan Ekonomi? Inilah Prospek Kerja Kedepannya!


Editor: Theo Adi -

     

Komentar