Berikut Alasan Gaji Tiap Karyawan Berbeda
Siker.id | 28 Dec 2021 16:00


Bagikan ke
Alasan gaji tiap karyawan bisa berbeda walau satu divisi. (siker)

siker.id - Gaji merupakan hal personal yang dimiliki oleh setiap orang. Rasanya membicarakan urusan gaji memang terlalu personal sehingga tidak semua orang tertarik dan berminat dalam membicarakan urusan gaji. Meski mungkin dinilai personal, tidak sedikit pula orang yang masih sering membandingkan urusan gaji dengan milik rekan kerja. Jika Anda termasuk orang yang merasa gaji yang didapat lebih kecil dari rekan kerja dan sering membandingkan hal tersebut, beberapa alasan berikut ini bisa menjadi jawabannya.

Baca juga: Berikut Pertimbangan Menerima Kerja Walau Gaji Minim

1. Tingkat Pendidikan

Dalam sebuah perusahaan atau instansi, biasanya akan ada keistimewaan yang diberikan kepada karyawan dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Selain untuk apresiasi, jelas pendidikan yang lebih tinggi menyimpan potensi pengetahuan dan wawasan yang lebih luas. Upaya mereka untuk mendapatkan wawasan tersebut tentu patut dihargai. Oleh karena itu, meski berada dalam divisi sama, ada kemungkinan perusahaan memberikan gaji yang lebih tinggi. Bahkan tak perlu menunggu waktu lama agar orang-orang tersebut mendapat kenaikan pangkat dan jabatan.

2. Tugas dan Tanggung Jawab

Perbedaan gaji karyawan di satu divisi juga dapat ditentukan dari perbedaan tugas dan tanggung jawab. Meskipun, kita memahami bahwa orang dengan divisi yang sama memilliki deskripsi pekerjaan yang serupa. Namun, terkadang ada tugas tambahan yang hanya dapat dilakukan oleh orang dengan keterampilan tertentu. Tanggung jawab juga menjadi alasan penting di sini. Karena, divisi yang sama mungkin memiliki lapis manajemen yang berbeda. Level supervisor tentu akan bekerja dengan pekerja utama. Bahkan, level yang sama bisa saja menerima gaji yang berbeda karena membawahi jumlah karyawan yang berbeda.

3. Keterampilan Khusus Karyawan

Perbedaan gaji karyawan di satu divisi dapat timbul karena adanya keterampilan khusus yang dimiliki karyawan tersebut. Misalnya di divisi pemrograman. Jika hanya ada 1 orang yang bisa menggunakan bahasa program tertentu, tentu wajar jika mendapatkan gaji berbeda. Karena tanggung jawabnya akan lebih banyak dan lebih besar pada proyek-proyek yang terkait. Oleh karena itu, akan sangat baik jika setiap karyawan menguasai banyak hal yang berkaitan di divisi tersebut. Dengan demikian, perusahaan dapat melakukan substitusi tugas dengan mudah.

Baca juga: Berikut Ini Tips Menjawab Pertanyaan Gaji Yang Diharapkan

4. Pengalaman Kerja yang Belum Banyak

Pengalaman bekerja yang dimiliki oleh setiap orang biasanya juga memengaruhi gajinya. Hal ini mungkin berlaku pada beberapa perusahaan yang mementingkan pengalaman bagi para pegawainya. Hal itulah yang kemudian bisa menjawab rasa penasaran bila memang gajimu lebih kecil dibandingkan rekan kerja. Mungkin saja Anda masih memiliki pengalaman kerja yang minim sehingga masih perlu waktu lebih lagi.

5. Jarang Terlibat Dalam Proyek Perusahaan

Proyek perusahaan juga menjadi salah satu sumber besar yang dapat memberikan pemasukan tambahan bagi para pegawainya. Tentu saja tidak semua pegawai dapat terlibat dalam proyek yang dijalankan perusahaan. Anda tentunya perlu banyak memiliki pengalaman dan relasi agar nantinya dapat dipercaya untuk terlibat dalam proyek perusahaan. Melalui cara demikian, Anda pun akan memperoleh tambahan gaji layaknya rekan kerjamu yang lain.

Sekian artikel tentang alasan gaji tiap karyawan berbeda. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Negosiasi Gaji Bagi Fresh Graduate


Editor: Theo Adi -

0     0    

TAG :

Komentar