Berikut Pertimbangan Menerima Kerja Walau Gaji Minim
Siker.id | 17 Dec 2021 08:30


Bagikan ke
Pertimbangan menerima kerja walau gaji yang ditawarkan minim. (siker)

siker.id - Bekerja merupakan salah satu aktivitas yang dibutuhkan oleh semua orang. Tanpa memiliki pekerjaan, maka akan sangat sulit dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Meskipun menjadi aktivitas yang wajib dimiliki, namun sayangnya tidak semua orang dapat memperoleh kesempatan untuk mendapatkan gaji yang layak. Ada pula orang-orang yang diterima bekerja, namun dengan rentang gaji yang minim. Jika Anda berada dalam situasi yang demikian, beberapa pertimbangan berikut ini dapat Anda jadikan bahan pemikiran.

Baca juga: Berikut Ini Tips Menjawab Pertanyaan Gaji Yang Diharapkan

1. Printilan Gaji Wajib Dicek

Jika gaji pokok di perusahaan tersebut terbilang kecil, jangan terlalu cepat berburuk sangka dulu. Bisa saja perusahaan tersebut memberikan benefits lain yang senilai dengan jumlah gaji yang kamu inginkan. Misalnya, ada uang makan, transportasi atau kesehatan. Jika dijumlahkan, mungkin jumlahnya terbilang besar. Jadi, meski gaji yang diterima kecil, pastikan perusahaan bisa memberikan benefits lain pada kamu yang nilainya setara.

2. Citra Perusahaan

Gaji boleh kecil, tapi, perusahaannya sudah sangat dikenal publik, kenapa tidak diterima saja dulu? Citra perusahaan yang baik dapat menjadi batu loncatan karirmu. Begitu setelah beberapa lama gaji tak kunjung naik, kamu bisa melamar ke perusahaan lain dengan bekal pengalaman bekerja di perusahaan bernama besar ini.

3. Fasilitas Gratis

Serupa dengan nomor satu, jangan lupa untuk tanyakan fasilitas gratis kepada HRD ketika wawancara. Jika gaji kecil, mungkin ada beberapa fasilitas yang disediakan perusahaan yang patut untuk dipertimbangkan. Contohnya, makan siang gratis, laptop, atau fasilitas antar jemput yang cukup setara dengan nilai gaji yang kamu harapkan.

Baca juga: Berikut Tips Negosiasi Gaji Bagi Fresh Graduate

4. Ketahui Ada Insetif di Luar Gaji Pokok

Pada saat diterima bekerja, biasanya selalu ada penjelasan mengenai pendapatan yang akan diperoleh. Anda wajib mengetahui apakah sekiranya ada pendapatan lain di luar gaji pokok atau tidak. Insentif tambahan tersebut dapat Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menerima tawaran bekerja. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada pendapatanmu nantinya.

5. Prospek Karier ke Depan

Ada perusahaan yang mungkin menawarkan pendapatan minim, namun justru prospek kariernya bisa sangat mengesankan. Hal ini tentu tergantung pada seberapa besar kemungkinan dan kesempatanmu untuk memperoleh prospek tersebut. Jika perusahaan menawarkan kesempatan atau prospek karier yang baik ke depannya, maka jangan lewatkan hal tersebut. Prospek karier yang mulus akan membantumu memperoleh pendapatan yang jauh lebih baik ke depannya dan hal tersebur bisa tergantung pada progres bekerjamu.

Sekian artikel tentang pertimbangan menerima kerja walau gaji minim. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Perusahaan Telat Membayar Gaji, Apa Yang Harus Dilakukan?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar