Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ini Dia 5 Keuntungan Memiliki Rekan Kerja yang Lebih Senior
Siker.id | 24 Oct 2023 11:30


Bagikan ke
Ilustrasi rekan kerja (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Di lingkungan kerja, bermitra dengan rekan kerja senior dapat menjadi hal yang berharga bagi pengembangan karier dan pertumbuhan pribadi seseorang. Senior yang ada pada perusahaan saat ini umumnya merupakan generasi X, individu yang lahir antara tahun 1965-1980 dan masih produktif bekerja. Generasi X tumbuh saat dunia sedang mengalami perkembangan teknologi seperti internet, TV Kabel, Komputer, dll sehingga Generasi X ini mampu beradaptasi dan mampu menerima perubahan dengan cukup baik sehingga dapat dikatakan sebagai generasi yang memiliki karakter. Rekan kerja senior adalah individu yang telah mengakumulasi pengalaman dan pengetahuan dalam industri dan organisasi tertentu, dan koneksi ini dapat membawa berbagai manfaat Berikut manfaat kalau kamu kerja bareng generasi X:

Baca juga: Berikut 7 Tips Mengatasi Toxic Productivity dalam Bekerja

1. Memiliki Banyak Pengalaman

Generasi X punya pengalaman yang sejalan dengan lama waktunya bekerja. Dengan lama waktunya bekerja, generasi X udah ngalamin pasang surut dunia kerja dan yang pasti skillnya tidak bisa diragukan lagi. Kita bisa belajar banyak dari yang sudah berpengalaman bahkan meminta saran terkait bidang yang kita minati. Contohnya kita bisa meminta saran menghadapi kandidat interview pada senior HR yang udah bekerja belasan tahun yang pasti udah punya pengalaman interview banyak kandidat.

2. Memiliki Jiwa Kepemimpinan 

Generasi X akan menjadi leader yang bijaksana karena sudah melewati berbagai pasang surut di dunia pekerjaan. Krisis moneter tahun 98 membentuk karakter mereka menjadi pemimpin yang Tangguh. Kita bisa memanfaatkan pengalaman mereka untuk insiatif bertanya dan menjadikannya sebagai mentor baik dalam personal atau professional.

Baca juga: Kenali 6 Ciri-Ciri Toxic Productivity dalam Bekerja

3. Pantang Menyerah

Saat ini generasi X sudah berusia 40an keatas yang berarti sudah menanggung banyak tanggungjawab pribadi seperti biaya anak, tempat tinggal atau persiapan masa pensiun. Generasi X juga dikenal dengan pribadinya yang pekerja keras. Oleh karena itu, dari kegigihan mereka bisa kita jadikan motivasi untuk bekerja keras.

4. Memiliki Koneksi Luas

Sepanjang hidupnya, generasi X sudah bertemu dan mengenal banyak orang dengan karakteristik yang berbeda-beda. Koneksi ini bisa bermanfaat bagi perusahaan apabila memerlukan penghubung untuk melakukan suatu project atau event tertentu.

5. Menganut Work Life Balance

Generasi X memang dikenal pekerja keras, namun mereka juga menjunjung tinggi work life balance atau keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan. Karena ingin punya work life balance, mereka punya time management dan problem solving yang baik agar tetap bisa memberikan hasil yang maksimal dalam pekerjaan dan juga bisa menikmati kehidupan.

Memiliki rekan kerja senior merupakan hal yang berpengaruh dalam pengembangan karier. Rekan kerja senior dapat menjadi mentor yang dapat memberikan dukungan yang supportif dalam perjalanan menuju kesuksesan. Oleh karena itu, selalu terbukalah untuk belajar dan berkolaborasi dengan rekan kerja senior di lingkungan kerjamu. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: 7 Tips Menerapkan Gaya Kepemimpinan Transformasional


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar