Bagaimana Cara Membangun Networking Yang Baik?
Siker.id | 30 Nov 2021 19:40


Bagikan ke
Membangun nentworking itu perlu apalagi bila Anda saat ini sedang mengejar karir yang lebih baik. (siker)

siker.id - Networking menjadi hal yang patut dipertimbangkan selain kinerja ketika seorang karyawan menginginkan jenjang karir yang lebih bagus. LinkedIn melansir bahwa sekitar 80% profesional berpendapat bahwa networking adalah faktor penting untuk kesuksesan karir. Tidak hanya berkaitan dengan menjalin hubungan dengan orang lain, networking berhubungan dengan bagaimana membina hubungan bersama orang lain dan mempertahankan hubungan tersebut. Membina hubungan yang tepat akan membantu seorang individu untuk memperoleh jenjang karir yang jauh lebih baik. Berikut ini cara membangun networking yang baik buat Anda yang ingin membangun karir!

Baca juga: 8 Kesalahan Yang Wajib Dihindari Karyawan Baru

1. Prioritaskan Apa Tujuanmu

Tentukan apa yang menjadi kebutuhan Anda, seperti tawaran pekerjaan, bimbingan, dan nasihat dalam karier. Dengan menentukan apa yang menjadi prioritas, Anda akan tahu siapa dan seperti apa orang yang akan membantu dalam karier. Apabila sudah tahu seperti apa orang yang penting, Anda bisa dengan mudah menemukannya.

2. Bergabung Dengan Komunitas Alumni Perguruan Tinggi

Bergabung dengan komunitas alumni merupakan salah satu langkah yang baik untuk membangun networking. Dengan berbagai macam background pekerjaan yang berbeda, Anda akan menemukan banyak orang baru sekaligus memperluas jangkauan pertemanan. Cara termudah untuk menemukan beberapa komunitas tersebut adalah dengan menghubungi perguruan tinggi.

3. Jalin Kontak

Anda pasti punya kenalan yang bekerja di perusahaan sejenis atau di bidang yang serupa? Bila ada, itu kesempatan bagus untuk mengembangkan networking Anda. Dengan memiliki kontak di berbagai perusahaan dan posisi, akan membuka lebih banyak kesempatan bagi pengembangan kariermu. Tak menutup kemungkinan juga kantor Anda saling bekerja sama untuk suatu proyek karena koneksi yang Anda punya. Hubungan yang dijalin pun bisa jadi lebih personal, sehingga dapat memberikan manfaat untuk jangka yang lebih panjang.

4. Berikan First Impression yang Baik

Memberikan first impression yang baik diperlukan terutama saat akan menjalin networking dengan orang baru. First Impression ini terpengaruh dari bagaimana sikap Anda saat bertemu atau berkomunikasi dengan orang tersebut. Cara berkenalan dengan orang lain dapat membuat Anda terlihat lebih menonjol. Itulah mengapa langkah awal untuk memperbaiki first impression adalah memperluas wawasan. Pasalnya, Anda tidak tahu akan bertemu dengan siapa ke depannya.

Baca juga: Berikut 8 Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan

5. Gunakan Referensi

Cara terbaik dan termudah untuk bertemu orang baru adalah referensi. Yang dimaksud dengan referensi adalah mengenai orang baru berdasarkan pengenalan oleh orang yang telah kita kenali sebelumnya. Ketika impressi orang pertama yang mengenai Anda cukup baik, maka Anda tidak perlu ragu dengan impressi orang baru yang mengenali Anda.

6. Kenali Lingkungan Sekitar

Anda harus mengenali lingkungan sekitar sebelum membina network. Dengan mengenali lingkungan sekitar, Anda akan memahami bagaimana lingkungan kerja di sekitar dan lebih luwes untuk beradaptasi.

7. Perluas Media Sosial yang Digunakan

Meski LinkedIn kerap dianggap salah satu platform yang tepat untuk membuka networking bagi profesional saat ini, namun tidak berarti kamu hanya dapat membangun online networking di sini saja. Anda juga dapat membangun networking misalnya dengan menggunakan media sosial lain seperti Facebook dan Twitter, atau Pinterest dan Instagram bila pekerjaan Anda melibatkan komponen visual. Akan lebih baik lagi bila kamu dapat membangun situs pribadi sendiri.

8. Pertimbangkan Jaringan yang Ada

Sebelum membangun online networking dengan orang-orang baru, cobalah menjangkau koneksi yang sudah ada terlebih dahulu. Ini adalah cara yang bagus untuk mulai membangun online networking Anda. Sebab memulai membangun jejaring dari kontak yang Anda miliki saat ini dapat menawarkan rasa dukungan dan koneksi yang lebih besar. Dari menjaga hubungan dengan jaringan yang ada, Anda tetap dapat memperluas networking dengan meminta mereka untuk memperkenalkan ke orang-orang dalam koneksi mereka.

Sekian artikel tentang tips membangun networking. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Yang Dicari Perusahaan Saat Merekrut Karyawan?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar