- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Cari Muka?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
- Berikut Tips Mengatasi Grogi di Depan Rekan Kerja
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Bagaimana Cara Membangun Networking Yang Baik?
siker.id - Rekan kerja pemalas bukanlah suatu hal baru di lingkungan kerja. Pasti ada saja satu atau sekelompok pemalas di kantormu, yang hobi mencuri waktu makan siang sampai dua jam, pakai telepon kantor berlama-lama untuk keperluan pribadi, atau bahkan menyempatkan tidur siang di meja kerjanya. Rasanya hal seperti itu kerap kita jumpai di tempat kerja. Terkadang tingkah mereka membuat kita jadi stres atau justru malah menambah beban kerja. Tapi jangan khawatir! Percaya atau gak, mereka justru bisa loh jadi senjata ampuh untuk mempercepat kita naik jabatan. Berikut ini tips menghadapi rekan kerja yang pemalas!
1. Jangan Terdistraksi
Rekan kerja Anda mungkin malas dalam pekerjaan mereka, tetapi Anda tidak boleh membiarkan diri Anda terganggu oleh itu. Jika Anda terus-menerus tetap memeriksa apa yang mereka lakukan, Anda mungkin akan kehilangan fokus terhadap pekerjaan Anda sendiri. Jika Anda terus-menerus menyadari apa yang rekan kerja Anda lakukan bukan apa yang Anda lakukan, Anda akan membuang-buang waktu untuk itu.
2. Hindari Terbawa
Anda sudah tahu bahwa mereka mengikuti jadwal yang offbeat di tempat kerja dan melakukan hal yang tidak produktif untuk melewatkan waktu yang dimaksudkan untuk mendapatkan beberapa pekerjaan yang dilakukan. Nah, memperhatikan apa yang mereka lakukan adalah boleh-boleh saja, tetapi tidak terbawa oleh kebiasaan mereka. Bahkan jika mereka mengundang Anda untuk istirahat makan siang ekstra panjang, segera menghindarinya. Anda tentu tak ingin diberi label yang sama oleh mereka
3. Jangan Mengubah Sikap Kamu
Saat mengetahui bahwa rekan kerja kamu tidak bertanggung jawab dengan pekerjaannya karena sifat malasnya. Wajar jika Anda memiliki perasaan kesal atau marah dengannya, tapi jangan sampai Anda menjadi pribadi yang berbeda, dengan tidak bersikap baik dengannya. Tetaplah Anda bersikap seperti biasa, dengan tidak terlalu memusingkan kondisi tersebut yang justru membuang waktu berharga Anda.
Baca juga: Berikut Tips Menghindari Konflik Dengan Rekan Kerja
4. Tidak Perlu Mengeluh dan Melaporkannya
Saat situasi dimana Anda bekerjasama dengan rekan kerja pemalas, tidak perlu Anda merasa terganggu dengan sikapnya, yang membuat Anda selalu mengeluh bahkan punya keinginan untuk melaporkan rekan kerja Anda ke atasan. Biarkan saja ia melakukan apa yang ia lakukan, karena biasanya atasan sudah bisa melihat sendiri dan menyadari karyawannya yang malas. Dan pastinya sebagai atasan yang baik, akan segera mencari solusi dan menanggulangi rekan kerja Anda yang pemalas.
5. Bicarakan dengan Rekan Kerja Lainnya
Jika masalah semakin parah dan Anda tidak nyaman berada di kantor, sebaiknya dibicarakan dengan rekan kerja yang lainnya. Komunikasi yang baik bisa membantu Anda menemukan solusi terbaik untuk situasi seperti ini. Dan ini merupakan cara menghadapi rekan kerja yang malas yang cukup ampuh. Mulailah berdiskusi dengan rekan kerja yang Anda percaya dan tanyakan apa pendapat mereka tentang rekan yang pemalas itu. Setelah itu, tanyakan apakah mereka punya solusi.
Sekian artikel tentang tips menghadapi rekan kerja yang pemalas. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: Berikut Ini Tanda Rekan Kerja Membencimu
Komentar
- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Cari Muka?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
- Berikut Tips Mengatasi Grogi di Depan Rekan Kerja
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Bagaimana Cara Membangun Networking Yang Baik?