Berikut tips Membangun Komunikasi Dengan Rekan Kerja
Siker.id | 02 Dec 2021 12:15


Bagikan ke
Dalam dunia kerja membangun komunikasi yang baik dengan rekan kerja itu sangat perlu karena akan mempermudah dalam urusan kerja terutama saat Anda ingin melakukan pendelegasian kerja. (siker)

siker.id - Membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja adalah suatu hal yang penting. Seringnya hubungan dengan rekan kerja akan memengaruhi kinerja karyawan, karena setiap harinya akan bertemu dan berkomunikasi dengan orang yang sama. Cara berkomunikasi yang baik perlu diterapkan bersama rekan kerja. Pasalnya, secara tidak langsung, kepandaian dalam berinteraksi merupakan cermin sikap seseorang. Pada dasarnya, etika manusia tercermin dari komunikasi. Berikut ini ada tips cara membangun komunikasi yang baik dengan rekan kerja!

Baca juga: Simak! Begini Prospek Kerja Lulusan Desain Komunikasi Visual

1. Menerima Masukan Dengan Lapang Dada

Di dalam suatu pekerjaan, Anda akan menemukan orang orang baru dan berbagai suku,agama,maupun karakter mereka. Maka, Anda harus bisa memahami atau beradaptasi dengan keadaan seperti itu agar Anda bisa dengan nyaman saat bekerja. Dan Anda harus terima semua masukan dari rekan kerja Anda karena sebagian masukan itu bermanfaat bagi kita.

2. Jadilah Menyenangkan Bagi Orang

Komunikasi akan terjalin dengan baik apabila Anda menyenangkan hati seseorang. Dan coba lah saat sedang berkomunikasi dengan rekan kantor masukan sedikit humor untuk mencairkan suasana, namun humor nya pun harus tepat jangan sampai ada yang tersinggung atau tidak suka dengan humor yang Anda gunakan. Cara ini sangat efektif untuk membangun keakraban dengan rekan kerja Anda.

3. Membuat Forum Diskusi

Diskusi merupakan salah satu bentuk berkomunikasi di tempat kerja yang umum dilakukan. Anda bisa saling bertukar pikiran dalam mencari sebuah solusi atas penyelesaian sebuah proyek. Dengan adanya diskusi, kerja sama di dalam tim menjadi lebih solid serta terjalinnya ikatan rekan kerja yang kuat.

4. Menghindari Konflik

Konflik merupakan hal yang lumrah di dunia kerja. Kehadiran konflik dapat membuat situasi bekerja menjadi canggung dan tidak nyaman. Hal tersebut dapat terjadi apabila timbulnya kesalahpahaman ataupun kesalahan dalam pengucapan kata yang dapat menyinggung orang lain. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarilah konflik dengan membangun komunikasi yang positif, jelas, dan mudah dipahami.

5. Jadi Pendengar yang Baik

Alangkah baiknya, kalau kamu mau mendengarkan penjelasan rekan kerja. Hindari menyela omongan yang sedang berbicara. Karena, setiap orang pasti ingin dihargai. Setelah selesai, barulah beri feedback yang baik dan katakana dengan sopan, ya!

Baca juga: Kamu Lulusan Komunikasi? Berikut Prospek Kerjanya!

6. Beri Kesan Antusias

Cara berkomunikasi yang baik dan efektif – tunjukkan antusiasme kamu, dan rekan kerja akan berpikir bahwa kamu senang berbicara dengannya. Secara tidak langsung, cara ini bisa memberi kesan positif pada rekan kerja. Jadi, rekan kerja pun jadi lebih percaya diri dan tidak lagi segan untuk membuka percakapan yang lebih dalam.

7. Menyapa Rekan Kerja

Dengan Anda menyapa dengan rekan kerja Anda setiap pagi, Anda telah melakukan hal yang baik untuk menjaga komunikasi dengan rekan kerja Anda. Dan mereka pun akan merespon nya dengan baik sapaan Anda, dari situ lah Anda bisa memulai berkomunikasi dengan baik Karena sapaan selamat pagi itu adalah komunikasi pembuka Anda dengan rekan kerja Anda.

8. Memuji yang Pantas Dipuji

Berikan pujian terhadap rekan Anda yang pantas untuk dipuji. Namun, jangan sampai berlebihan karena orang akan melihat Anda sebagai penjilat dan kebanyakan orang tidak suka diberikan pujian yang terlalu berlebihan. Karena pada dasarnya seseorang sangat senang untuk dipuji.

Sekian artikel tentang tips membangun komunikasi dengan rekan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Mengatasi Grogi di Depan Rekan Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar