Berikut Manfaat Membangun Relasi Dengan Rekan Kerja
Siker.id | 12 Dec 2021 15:00


Bagikan ke
Manfaat dan pentingnya kita membangun relasi dengan sesama rekan kerja. (siker)

siker.id - Pada masa-masa seperti ini, pintar saja tidaklah cukup untuk meraih kesuksesan. Membangun relasi yang baik dengan orang-orang adalah hal yang paling utama bagi mereka yang ingin membangun masa depannya. Hal tersebut berlaku bagi Anda yang ingin menjadi karyawan ataupun pengusaha. Anda bisa melihat bagaimana nasib orang yang pintar dari sisi akademis, tetapi minim relasi dibandingkan orang yang biasa saja dari sisi akademis, tetapi banyak relasi. Itu adalah salah satu contoh kecil dari manfaat memiliki relasi yang bisa Anda peroleh. Relasi tidak hanya bisa didapatkan dari komunitas saja, tetapi dari lingkungan sekitar pun Anda bisa mendapatkannya. Lalu, apa saja manfaat dari memiliki relasi tersebut?

Baca juga: Berikut Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Toxic

1. Dapat Membuka Peluang Baru

Manfaat yang pertama yaitu dapat memunculkan berbagai macam peluang baru. Jika mulai sekarang kita sudah memperluas relasi dengan banyak orang, siapa tahu kamu bisa diajak membangun usaha berdua dengan temanmu, ditawarin kerja bareng, atau di saat kamu butuh pekerjaan kamu bisa bertanya terkait informasi lowongan kerja.

2. Bisa Menjalin Kolaborasi

Menjalin banyak networking sedini mungkin dengan teman kuliah, organisasi, komunitas, atau rekan di luar pekerjaanmu ternyata dapat memunculkan kesempatan untuk menjalin kerja sama atau kolaborasi. Maka dari itu jangan sungkan untuk menjalin kerja sama dengan teman-temanmu yang lain, siapa tahu Anda bisa membangun bisnis atau usaha berdua.

3. Bekerja Lebih Menyenangkan

Ketika seorang karyawan bekerja bersama rekan kerja yang telah dikenalnya dengan baik, karyawan akan merasa lebih senang walau menghadapi hambatan dan tangan dalam bekerja. Beban kerja tidak terasa karena karyawan akan bersama-sama mencari solusinya. Sebaliknya, jika karyawan tidak punya rekan terdekat, maka beban kerja karyawan terasa lebih berat dan karyawan cenderung merasa bosan.

Baca juga: Apa Saja Ciri Rekan Kerja Yang Toxic?

4. Support System

Keberadaan support system atau sistem dukungan sosial sangat penting bagi seorang manusia. Support system adalah beberapa orang terdekat tempat menyampaikan keluh kesah dan mencari saran. Melalui support system, karyawan akan menghabiskan waktu istirahat bersama, berbagi pengalaman, meminta saran dan kritik, dan lainnya. Mereka sudah tahu seperti apa kejadian yang karyawan tersebut alami karena mereka melalui waktu bersama-sama dengan karyawan.

5. Relasi Tepat, Sejumlah Keinginan Tercapai

Setiap manusia yang hidup di dunia ini tentunya memiliki keinginan untuk bisa sukses dan mapan secara finansial. Hal tersebut bisa Anda capai dengan mudah apabila dari awal sudah menjalin relasi dengan orang-orang yang tepat. Artinya, orang tersebut memiliki sesuatu yang bisa membantu Anda untuk mencapai kesuksesan. Sebagai contoh, seorang marketing yang jeli mencari peluang tentunya bisa memanfaatkan relasinya untuk menawarkan barang/jasa yang dijualnya. Hal itu adalah contoh kecil manfaat yang bisa dirasakan dari memiliki relasi.

Sekian artikel tentang manfaat membangun relasi dengan rekan kerja. Bila menyukai artikel ini Anda bisa bagikan ke semua orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Cara Menghadapi Rekan Kerja Manipulatif


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar