Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Profesi Incaran dalam Bidang Artficial Intelligence!
Siker.id | 05 Dec 2022 08:50


Bagikan ke
Profesi incaran dalam bidang artificial intelligence (Siker)

siker.id – Transformasi teknologi saat ini tengah berlangsung.

Hal itu juga tak terbatas pada bidang-bidang pekerjaan yang ada.

Salah satu bidang pekerjaan yang dinilai akan banyak dibutuhkan pada masa depan adalah bidang pekerjaan artificial intelligence.

Berbicara mengenai artificial intelligence atau AI, AI merupakan suatu simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan di dalam mesin dan diprogram agar bisa berpikir seperti halnya manusia.

Sedangkan menurut Mc Leod dan Schell, kecerdasan buatan adalah aktivitas penyediaan mesin seperti komputer dengan kemampuan untuk menampilkan perilaku yang dianggap sama cerdasnya dengan jika kemampuan tersebut ditampilkan oleh manusia.

Dengan kata lain AI merupakan sistem komputer yang bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang umumnya memerlukan tenaga manusia atau kecerdasan manusia untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Nah, di bawah ini terdapat profesi-profesi yang berhubungan dengan AI dan akan banyak dibutuhkan ke depannya, sobat siker!

Baca Juga: Begini 3 Skill Penting Seorang Security Engineer!

Profesi Incaran dalam Bidang Artificial Intelligence

Seperti dilansir dari laman harianhaluan, terdapat beberapa profesi dalam bidang AI yang menjadi incaran antara lain:

1. Data Scientists

Profesi pertama yang diprediksi akan banyak dibutuhkan dalam masa sekarang dan masa yang akan datang adalah profesi data scientists.

Dikutip dari mastersindatascience.org, data scientist merupakan suatu profesi dalam bentuk penggabungan ilmu komputer (pemrograman), statistik, dan matematika yang bertujuan untuk mengumpulkan, menafsirkan, dan menganalisis kumpulan data besar yang terstruktur dan tidak terstruktur.

Data scientist sendiri akan banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Untuk itu, pekerjaan ini juga digadang-gadang akan memperoleh gaji pokok yang 36 persen lebih tinggi daripada pekerjaan kebanyakan di industri ini.

2. Machine Learning Researchers

Profesi seputar AI yang kedua adalah machine learning researchers.

Pekerjaan tersebut berperan dalam proses kemajuan domain subjek tertentu pada machine learning.

Pekerjaan mereka juga cenderung sangat terfokus pada masalah yang spesifik.

Peneliti di bagian ini biasanya ditugaskan untuk menemukan metode baru untuk mengatasi masalah atau meningkatkan kinerja dan akurasi solusi yang dirancang sebelumnya.

Baca Juga: Berminat Jadi Technical Engineer? Pelajari 4 Skill Ini!

3. Data Engineers

Profesi terkait AI selanjutnya yang juga akan menjadi banyak permintaannya adalah profesi data engineers.

Ya, seorang data engineers ini nantinya bertanggung jawab untuk menemukan tren dalam pengumpulan data dan pengembangan algoritme data mentah jadi lebih berguna bagi perusahaan.

Peran ini membutuhkan serangkaian keterampilan teknis yang signifikan, termasuk pengetahuan mendalam tentang desain database SQL dan berbagai bahasa pemrograman.

4. Algorithm Engineer

Selain tiga profesi di atas, terdapat satu profesi yang juga dinilai akan banyak dibutuhkan pada masa sekarang dan yang akan datang.

Profesi tersebut dinamakan dengan profesi algorithm engineer.

Pekerjaan ini berfokus pada desain, analisis, implementasi, optimasi, pembuatan profil, dan evaluasi eksperimental algoritma komputer.

Selain itu, mereka juga berperan dalam menjembatani kesenjangan antara teori algoritma dan aplikasi praktis algoritma dalam rekayasa perangkat lunak.

Nah, itu tadi artikel mengenai profesi incaran dalam bidang artificial intelligence yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Manfaat Artificial Intelligence bagi Bisnismu!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar