Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Profesi Dengan Tingkat Stres Tinggi
Siker.id | 02 Jan 2022 09:00


Bagikan ke
Profesi dengan tingkat stres tinggi. (siker)

siker.id - Saat ini, ada ratusan, bahkan ribuan jenis pekerjaan yang masing-masing memiliki tekanan dan memicu stres bagi sejumlah karyawannya. Stres di tempat kerja secara tidak sadar menjadi pembunuh produktivitas dan kesehatan pekerja. Untuk itu, perlu ada management stress untuk meningkatkan performa kerja. Umumnya, stres kerja terjadi karena tuntutan yang diberikan kepada karyawan tidak sebanding dengan tenggat waktu dan gaji yang diberikan. Akibatnya, mereka seringkali mengorbankan waktu untuk diri sendiri dan keluarga hanya demi menyelesaikan pekerjaan. Setiap pekerjaan tentu memiliki tanggung jawab yang berbeda. Namun, hampir semua jenis pekerjaan memberikan rasa stres pada pekerjanya. Berikut ini profesi dengan tingkat stres tertinggi.

Baca juga: Berikut 5 Pekerjaan yang Membutuhkan Jasa Freelancer

1. Polisi Khusus Kereta Api

Saat naik kereta api, apa Anda perhatian pada sosok dengan atribut baret ala militer yang mendampingi kondektur mengecek tiket penumpang? Itulah Polsuska. Walaupun bukan bagian dari struktur Kepolisian Republik Indonesia, Polsuska memiliki tugas sama seperti Polisi. Profesi setipe yang sama-sama berpotensi stres tinggi termasuk Polisi Pamong Praja, Polisi Kehutanan Indonesia, Polisi Khusus Lembaga Pemasyarakatan.

2. Ahli Bedah

Ahli bedah atau pakar bedah adalah seseorang yang melakukan pembedahan dalam dunia kedokteran. Untuk menjadi seorang ahli bedah, Anda bisa berangkat dari profesi dokter gigi, dokter hewan, atau dokter umum. Setelah kuliah spesialisasi bedah, Anda akan mulai bertugas menjadi seorang ahli bedah. Saat bertugas, seorang ahli bedah harus sanggup konsentrasi membedah pasien yang bertaruh nyawa di meja operasi. Dan lagi, ahli bedah harus kuat berdiri selama berjam-jam melakukan pekerjaannya.

3. Pemadan Kebakaran

Damkar bertugas memadamkan api saat orang lain lari dan menyelamatkan diri dari kebakaran. Damkar juga bertugas melakukan penyelamatan dan menanggulangi bencana yang terjadi. Bencana yang diatasi oleh Damkar tidak cuma kebakaran. Bencana bisa berupa kecelakaan lalu lintas, banjir, gedung runtuh, gempa bumi, mengevakuasi sarang tawon, menyelamatkan hewan atau orang yang terjebak, menyelamatkan korban bunuh diri, menanggulangi pohon tumbang, dan lain sebagainya. Kebayang kan, beratnya pekerjaan ini.

Baca juga: Berikut Tanda Anda Belum Bahagia Dengan Pekerjaan

4. Wartawan

Tidak hanya di Indonesia, ternyata di Amerika wartawan menjadi salah satu pekerjaan dengan tingkat stres yang tinggi. Hal ini disebabkan, tenggat waktu pengumpulan berita, pekerjaan dengan waktu yang tidak menentu, akurasi berita yang disampaikan kepada publik, dan tuntutan profesionalitas secara keseluruhan. Wartawan didesak untuk tetap sigap, cerdas, aktual, dan kondisi tubuh yang sehat agar mampu meliput berita seperti yang ditugaskan.

5. Customer Service

Customer service memiliki tingkat stres juga tinggi. Penyebabnya, mereka harus melayani pelanggan dengan berbagai karakter dan pertanyaan yang diajukan. Customer service harus mampu menyediakan informasi yang dibutuhkan pelanggan dengan cepat dan akurat. Pekerjaan dengan sistem shift adalah pemicu stres lainnya. Perubahan jadwal pekerjaan dari masuk pagi ke malam kadang butuh adaptasi yang ekstra bagi tubuh, dan memiliki efek pula pada kesehatan.

Sekian artikel tentang profesi dengan tingkat stress tinggi. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Memilih Pekerjaan Yang Tepat?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar